Meriah…Warga Kaltim Lahirkan Budaya Minimalisir Penggunaan Plastik dalam Pergelaran Kukarland Festival 2023

KUKAR, INDEKSMEDIA.ID — Pengunjung dalam pergelaran Kukarland Festival 2023 banjiri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang pada Jumat (22/9) siang hingga malam kemarin.

Kukarland Festival 2023 ini tidak hanya dihadiri oleh warga Tenggarong, tapi juga dari berbagai wilayah Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang dan daerah lain di Kalimantan Timur (Kaltim).

Tentu saja hadirnya para artis dan group band tersohor Tanah Air dalam festival tersebut menjadi magnet tersendiri yang mampu menyedot perhatian masyarakat Kaltim.

Saat ditemui, Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara, Rendi Solihin selaku inisiator kegiatan ini mengaku tak menyangka akan antusias warga, mengingat Kukarland Festival rencananya digelar tahun lalu namun terhambat karena Covid-19.

“Akhirnya baru bisa dilaksanakan tahun ini dan sesuai hasilnya, kerja keras semua pihak terbayar dengan banyaknya orang yang datang,” jelas Wabup kepada awak media, Jumat (22/9).

Berdasarkan laporan panitia, kata Wabup, diperkirakan hari Sabtu (23/9) ini, pengunjung kembali akan membludak bahkan melebihi hari pertama.

“Hasil account kliknya di pintu masuk utama terus di update, mungkin malam ini bisa tembus 60 ribu penonton, dan kami yakin bakal jauh lebih meriah dibanding hari pertama,” ucap Rendi.

Kukarland Festival, kata dia, sangat spesial bagi dirinya lantaran budaya meminimalisir pemakaian sampah plastik dilakukan oleh masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memfungsikan gelas kertas.

“Hanya sebagian saja, yang memang karena jumlah gelas kertas di Kukar masih sangat minim sehingga keterbatasan stok jadi harus menggunakan gelas plastik. Dan itu pun tidak menggunakan sedotan,” ucap Rendi.

“Di Kukarland Festival ini juga (cara pengelolaan) sampahnya itu sudah kita edukasi menjadi tiga bagian di beberapa titik, di venues ini sudah dipisahkan sampah organik maupun sampah non organik. Selain itu, Kukarland 2023 juga ramah untuk penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus,” tambahnya.

Rendi menegaskan kesuksesan Kukarland Festival 2023 ini juga lantaran diberi dukungan oleh Bupati Edi Damansyah, sehingga pihaknya dipercayakan untuk melaksanakannya. “Berkat dukungan bupati sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik,” pungkas Rendi. (*)