INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Kader KB Wara Palopo Dibekali Bangga Kencana

Kader KB Wara Dibekali Bangga Kencana KB

INDEKSMEDIA.ID – UPTD KB Kecamatan Wara menggelar sosialisasi upaya peningkatan capaian peserta akseptor KB (Keluarga Berencana) melalui pemberdayaan kader dan penyebarluasan informasi di Posyandu di kelurahan Dangerakko, Selasa, (19/9/2023).

Kegiatan itu dihadiri Lurah Dangerakko, Kaswad, Kepala UPTD KB, Racmawati danGustiana Parusi, serta Penyuluh KB Dangarekko, Sitti Jumiati.

Kader yang hadir merupakan kader baru dan perwakilan dari 6 kelurahan yang ada di Kecamatan Wara untuk menerima pembinaan serta gambaran besar terkait Bangga Kencana KB.

Saat Sosialisasi, Racmawati mengaskan peran penting kader KB, IMP, Poktan dalam program bangga kencana BKKBN.

“Kader KB yang ada di lapangan merupakan ujung tombak program bangga kencana dalam naungan BKKBN lewat Posyandu, mulai dari pengorganisasian, pertemuan, KIE (Konseling, Informasi dan Edukasi), pencatatan dan pendataan, hingga Pelayanan,” katanya.

Senada dengan itu, Gustiana Parusi juga menjelaskan akibat masih kurang pemahaman masyarakat terkait alat kontrasepsi dan KB.

“Kebanyakan masyarakat belum mengerti manfaat, cara penggunaan, dan jenis KB. Akibatnya jumlah penduduk makin bertambah, tapi itu juga akan berpotensi kualitas, kesehatan dan kesejahteraan yg kurang baik. Kekhawatiran utamanya apa ? Stuting,” jelasnya.

Oleh karenanya Lurah Dangerakko berpesan keseriusan kader dalam menjalankan tugasnya.

“Selamat bekerja, jangan asal kerja, kita semua harus semangat berkerja untuk meningkatkan capai Akseptor KB,” ujarnya.

Bangga Kencana merupakan salah satu program unggulan dari BKKBN, dari pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. Menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas. (ada/rlr)