Dinas Pertanian Lutra Gelar Knowledge Sharing Meeting Program READSI

LUWUUTARA, INDEKSMEDIA.ID — Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar kegiatan Knowledge Sharing Meeting Program READSI (Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative) tahun 2023, di Rumah Makan Ulu Bete, Mappedeceng, Selasa (12/9).

Pertemuan ini diikuti oleh 75 peserta, terdiri dari DPMO Program READSI, para Fasilitator desa di delapan desa pelaksana program READSI, serta pengurus kelompok tani di 18 desa pelaksana program READSI.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Pertanian, Muhammad Pajar. Dalam sambutannya, Pajar mengatakan bahwa kegiatan Knowledge Sharing Meeting Program READSI ini selain dilaksanakan di tingkat kabupaten, juga digelar di tingkat provinsi.

“Saya menilai kegiatan knowledge sharing meeting adalah kegiatan yang luar biasa, karena diikuti oleh para pengurus dan anggota kelompok tani yang dinilai berhasil dalam pelaksanaan program READSI,” terang Pajar.

Dirinya mengatakan, kelompok tani saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat, dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kelompok tani tidak sama dangan yang dulu. Kini, kemajuan kelompok tani kita sungguh luar biasa,” ucapnya dengan nada memuji.

Untuk itu, Pajar berharap program READSI tetap bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Semoga tahun depan kegiatan ini masih dapat dipertahankan,” harap Pajar yang juga pernah menjadi penyuluh pertanian pada tahun 80-an.

Dinas pertanian Lutra
Dinas pertanian Lutra

Sebelumnya, Manajer Program READSI Lutra Made Sudana mengatakan, kegiatan knowledge sharing meeting dilakukan dalam rangka berbagi cerita sukses dan manfaat yang diperoleh selama pelaksanaan program READSI yang kini memasuki tahun ke-5 di Lutra.

“Juga sekaligus memberikan motivasi kepada kelompok tani dan masyarakat umum tentang pelaksanaan prog READSI di Lutra,” sebut Made Sudana, yang juga Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara ini.

Diketahui, kegiatan Knowledge Sharing Meeting ini juga dalam rangka untuk mencari tiga perwakilan dari Kabupaten Lutra untuk diikutsertakan dalam kegiatan Knowledge Sharing Meeting di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Para hadirin Sharing Meeting
Para hadirin Sharing Meeting

Turut hadir pada kegiatan ini Perangkat Daerah terkait, DPMO Program READSI, Tim Pemberdayaan Tingkat Provinsi, Fasilitator Bisnis Luwu Utara, PPL Pendamping READSI, Fasilitator Desa Wilayah READSI 18 Desa, Perwakilan Poktan Penerima Manfaat Program READSI 18 Desa. (*)