Mengenal Balale, Tradisi Gotong Royong Masyarakat Dayak Kanayatn

INDEKSMEDIA.ID – Balale merupakan tradisi yang hidup dan berkembang seiring sejalan dengan tradisi perladangan di masyarakat Dayak Kanayatn.

Balale adalah istilah untuk kegiatan gotong royong atau kerja sama yang dikenal pada masyarakat Dayak Kanayatn di Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak (dulu Kabupaten Pontianak), Kalimantan Barat.

Secara khusus, tradisi ini berlaku dalam aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perladangan, misalnya dalam pembukaan dan pembersihan lahan perladangan, penanaman benih padi (menugal), dan pemanenan padi.

Dalam pelaksaannya, para peladang membentuk kelompok-kelompok kerja (lale’an) melalui musyawarah.

Setiap satu kelompok kerja diketuai oleh Tuha Tahun, yang berfungsi mengkoordinir kelompoknya dan menjadi penghubung ke Tumenggung (Kepala Adat).

Masing-masing anggota dalam sebuah kelompok kerja secara bergantian akan saling membantu meringankan beban kerja anggota kelompok yang lain.

Balale ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sosial horisontal antar-individu, melestarikan tradisi gotong royong dan bermusyawarah, serta menjaga solidaritas sosial/semangat kebersamaan. (*)