Luhut Ungkap Harta Karun RI Energi Terbarukan 3.600 Gigawatt

INDEKSMEDIA.ID – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan harta karun besar bangsa Indonesia. Harta karun itu menurutnya dapat berperan penting dalam upaya dekarbonisasi di Indonesia.
Pertama, dia mengatakan harta karun yang ada di Indonesia adalah keanekaragaman hayati yang sangat besar dengan jumlah 94 juta hektare hutan hujan.
Kedua Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang cukup besar. Hal ini dapat dikembangkan dalam bauran energi ramah lingkungan di Indonesia.
“Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar dengan daya lebih dari 3.600 gigawatt, dan kami akan terus mengembangkan bauran energi ramah lingkungan,” papar Luhut dalam Indonesia Sustainabilty Forum (ISF) 2023, di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).
Ketiga, Indonesia juga memiliki sumber daya mineral penting yang melimpah yang penting yang bisa digunakan untuk urusan transisi energi. Mulai dari nikel, timah, bauksit, hingga tembaga.
Luhut juga membeberkan Indonesia sudah banyak melakukan komitmen dekarbonisasi besar. Salah satunya menghimpun pembiayaan transisi energi senilai US$ 20 miliar dari seluruh dunia.
Indonesia juga telah memelopori beberapa proyek dan komitmen dekarbonisasi terbesar. Kami menargetkan net zero emission pada tahun 2060, sementara itu untuk penurunan NDC sebesar 43%,” beber Luhut

Baca Juga