Peringati Hari PMI, SIT Al-Hikmah Palopo Edukasi Siswa Lewat Simulasi Pertolongan Pertama

INDEKSMEDIA.ID — Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Hikmah turut merayakan hari Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (6/9) pagi hingga siang WITA.

Mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Relawan Muda Palang Merah Indonesia yang Berkarakter,” rangkaian kegiatan dimulai dengan Sholat Dhuha berjamaah oleh seluruh siswa TK dan SD.

Setelah itu, secara bergiliran seluruh siswa melakukan field trip ke markas PMI Kota Palopo.

“Rangkaian kegiatan dimulai dengan Sholat Dhuha, lalu field trip ke markas PMI Palopo, simulasi pertolongan pertama dan diakhiri dengan kegiatan donor darah,” ungkap Ika Diani Oktarina selaku Kepsek SDIT Al-Hikmah.

Pada kegiatan simulasi pertolongan pertama, siswa (i) antusias memperhatikan praktek yang dilakukan oleh relawan PMI Kota Palopo.

Adapun praktek pertolongan pertama yang dilakukan oleh 3 orang relawan PMI berupa penanganan pada kaki terkilir dan luka akibat benda tajam.

Pihak yayasan, dalam hal ini Darmawati sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif sekolah dalam mengadakan kegiatan peringatan PMI. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya kemanusiaan dan solidaritas,” ujar pihak yayasan.

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi siswa untuk terlibat lebih aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan di masa depan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Hari PMI jatuh setiap tanggal 3 September.

Berdasarkan sejarah, pada tanggal 3 September 1945, Presiden Soekarno mengeluarkan instruksi untuk membentuk suatu badan Palang Merah Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, pada tanggal 5 September Menteri Kesehatan Republik Kabinet 1 Dr. Buntaran langsung membentuk panitia.

Akhirnya, pada tanggal 17 September 1945 Perhimpunan Palang Merah Indonesia berhasil dibentuk. (*)