Bintang Muda PSM Makassar Naik Kelas ke Timnas Senior

INDEKSMEDIA.ID – Jelang laga FIFA Matchday bulan September 2023, Shin Tae Yong dibuat pusing dengan cederanya beberapa pemain yang ia panggil untuk membela Timnas Indonesia.
Keempat pemain tersebut ialah, Shayne Pattynama, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Dimas Drajad. Mereka juga dipastikan bakal absen membela Timnas Indonesia.
Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan akan berhadapan dengan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 8 September 2023 mendatang.
Shin Tae Yong pun kemudian bergerak cepat dan mengambil keputusan menarik tiga pemain dari Timnas Indonesia U-23 yang saat ini juga menjalani pemusatan latihan (TC).
Ketiganya yaitu Alfeandra Dewangga Santosa, Doni Tri Pamungkas, dan Muhammad Dzaky Asraf.
“Tidak ada wajah baru, kami cuma satu kali pertandingan melawan Turkmenistan. Jadi kami akan panggil dari Timnas Indonesia U-23 yakni Dewangga, Donny, dan Dzaky,” tutur Shin Tae Yong dikutip dari laman resmi PSSI.
Khusus, untuk Muhammad Dzaky Asraf ini tentunya menjadi berkah tersendiri untuk dirinya. Padahal masih ada beberapa nama di Timnas U-23 yang berlabel pemain di Timnas Senior yang bisa dipanggil.
Seperti, Ivar Jenner, Rafael Struick, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Ramadhan Sananta, Rizky Ridho, Ernando Ari, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan.
Kemungkinan besar alasan Shin Tae Yong memanggil Dzaky Asraf untuk menutupi lubang yang ditinggalkan oleh Yakob Sayuri.
Kabar terbaru Yakob Sayuri yang merupakan winger andalan PSM Makassar yang sudah dipastikan absen.
Pemain yang identik dengan nomor punggung 22 di PSM Makassar itu mendapatkan cedera ketika berlaga menghadapi Persis Solo di pekan ke-10.
Dzaky Asraf yang merupakan pemain yang berasal dari klub yang sama dengan Yakob Sayuri serta bisa beroperasi di posisi yang sama kemungkinan jadi alasan STY menariknya ke Timnas Senior.
Selain itu ketika bermain untuk klub, Dzaky Asraf beberapa kali bermain untuk mengisi posisi yang sama dengan Yakob Sayuri dan ia merupakan pelapis utama di posisi tersebut.
Bisa dibilang juga, Dzaky Asraf merupakan salah satu pemain dari PSM Makassar yang sangat disukai oleh Shin Tae Yong. Itu terbukti dengan beberapa kali pemanggilan untuk dirinya memperkuat Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur.
Sebelum ini, pemain berusia 20 tahun itu juga mendapatkan panggilan membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23. Namun, ia tidak mendapatkan izin dari klub karena saat itu tengahnya juga di butuhkan oleh PSM yang berlaga di dua kompetisi sekaligus.
Sedikit jauh ke belakang, Dzaky Asraf juga merupakan pemain yang sebelumnya di siapkan Shin Tae Yong untuk berlaga di ajang Piala Dunia U-20 sebelum akhirnya di batalkan.
Ia juga menjadi salah satu pemain yang berlaga di ajang Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan beberapa waktu yang lalu.
Pada ajang tersebut, Dzaky Asraf pemain sebagai salah pemain inti. Dan mempunyai catatan tampil bersama Timnas Indonesia U-20 di 11 pertandingan.
Untuk pemanggilan ke Timnas Senior ini bukan pertama kalinya bagi Dzaky, sebelumnya ia juga pernah mendapatkan panggilan dari Shin Tae Yong.
Penampilan apiknya bersama skuad Garuda muda di ajang Piala Asia U-20 kala itu, kemudian membawa pemain asal Polewali Mandar ini ke Timnas Indonesia yang saat itu berlaga di ajang FIFA Matchday bulan Maret menghadapi Burundi.
Untuk prestasinya di musim lalu, Dzaky Asraf berhasil membawa PSM Makassar meraih gelar juara kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.
Ia menjadi salah satu pemain muda yang selalu diberikan kepercayaan oleh pelatih Bernardo Tavares. Itu terbukti dengan catatan 21 penampilan di Liga 1 musim 2022/23 dengan catatan menit bermain sebanyak 1.139 menit.
Begitu juga di musim ini, ia kembali mendapat kepercayaan di 11 pemain pertama PSM Makassar. Dzaky sendiri sudah mencatatkan 7 dari 11 pertandingan yang dimainkan oleh PSM Makassar di Liga 1 musim ini. (*)