Ops Pekat Lipu di Palopo Berakhir, Kasus Pencurian Libatkan Anak Berujung Restorative Justice

INDEKSMEDIA.ID – Satuan Reserse Kriminal menggelar konferensi pers keberhasilannya dalam penangkapan sejumlah kasus selama Operasi Pekat Lipu 2023. Operasi itu dilaksanakan selama 20 hari dari tanggal 4 hingga 23 Agustus 2023.

Kasat Reskrim Polres Palopo, Iptu Alvin Aji Kurniawan, mengatakan ada beberapa kasus yang masuk dalam operasi tersebut. Termasuk kasus pencurian yang melibatkan pelaku anak. Penanganannya sendiri akan ditempuh melalui Restoratif Justice atau RJ.

“Setelah kami dalami dan mediasi dengan korban atau pelapor, asus pencurian yang dilakukan oleh anak ini di tempuh melalui Restoratif Justice/RJ,” kata Kasat Reskrim.

Nantinya setelah melakukan restorasif justice, Polres Palopo akan melakukan pembinaan terhadap pelaku yang merupakan masih siswa SMP.

“Iya, nanti tetap dilakukan pembinaan terhadap pelaku anak, dengan berbagai pendekatan. Seperti motif melakukan pencurian itu yang akan dilakukannya pembinaan,” kata Kasat Reskrim.

Selainnya itu, dalam melaksanakan pembinaan terhadap pelaku. Polres Palopo memungkinkan melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk pembiayaan yang lebih efektif.

“Tentu kalau ada kesempatan, kami akan lakukan pembinaan bersama stakeholder, seperti LPPA atau yang lain,” tutupnya. (*)