Mengenal Permainan Tradisional Bacepak Milik Suku Dayak

INDEKSMEDIA.ID – Permainan Bacepak di daerah Kalimantan Tengah tidak hanya terdapat di Wilayah Kabupaten Administratif Gunung Mas, Kabupaten Kapuas saja tetapi di Kabupaten lain juga ada.

Untuk sementara dapatlah disimpulkan bahwa permainan Bacepak ini sudah ada di daerah Kalimantan Tengah sejak dahulu kala dan merupakan permainan / hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Perkataan Bacepak berasal dari bahasa Dayak Ngaju yang merupakan suatu kata jadian yang terjadi dari kata dasarnya cepak yang diberi awalan ba.

Kata cepak artinya tending sedang awalan ba berarti melakukan pekerjaan yang diisyaratkan oleh kata dasarnya.

Sehingga pengertian kata Bacepak itu sendiri secara harfiah adalah melakukan pekerjaan cepak atau saling tendang menendang.

Permainan Bacepak merupakan permainan yang berdiri sendiri yaitu dalam arti bahwa permainan ini tidak ada hubungannya dengan peristiwa sosial baik yang merupakan prasyarat mutlak maupun pelengkap.

Sehingga permainan ini boleh dilakukan di mana saja dan kapan saja yaitu tergantung dari kesempatan dan keinginan yang ada.

Permainan Bacepak merupakan permainan khusus bagi kaum pria, karena permainan ini menuntut kekuatan, keterampilan dengan gerakan khas kaum pria.