Dimeriahkan Putri Parawisata Indonesia, Launching Jagung Hibrida R7 Berjalan Sukses

INDEKSMEDIA.IDLaunching panen perdana jagung hibrida Raja Tujuh (R7) yang digelar di desa Tarobok, Kecamatan Baebunta, kabupaten Luwu Utara (Lutra) berjalan dengan meriah, Rabu (30/8).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur karena panen perdana jagung hibrida R7 membuahkan hasil yang sangat maksimal bagi petani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Bupati Lutra Suaib Mansur, Calon Bupati Lutra Andi Rahim, dan Andi Syaifuddin Patahuddin selaku anggota DPRD Provinsi Sulawesi selatan (Sulsel).

Diramaikan juga oleh Pimpinan PT Agro Pro Jaya Mas DR Dedi, Danyon Brimob Kompol Muhammad Agus, Andi Pawiseang Camat Baebunta, Kapolsek Baebunta, dan BPP Pertanian Baebunta, serta beberapa kepala desa dan anggota gabungan kelompok tani (gapoktan).

Tidak hanya itu, kemeriahan kegiatan tersebut lantaran dihadri oleh ratusan Petani Gapoktan jagung beserta tokoh masyarakat, ditambah lagi dengan hadirnya Putri Parawisata 2023 Tita Karmila.

Menurut inisiator kegiatan launching panen perdana R7, Rismal Yani, bahwa kegiatan ini bertajuk, “Kebangkitan Ekonomi Petani”.

“Kami memilih tema ini karena melihat fakta di lapangan bahwa kehidupan ekonomi petani kita memerlukan pembenahan dalam pola sinergitas antar pemerintah, dunia usaha, dan petani guna menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat Luwu Utara dalam ‘keterpurukan’ 4 tahun terakhir,” papar Cimma, sapaan akrabnya.

“Olehnya itu, melalui kegiatan ini kami memperkenalkan bibit jagung hibrida Raja Tujuh (R7) kepada masyarakat petani karena kami menganggap bahwa produk ini mampu mendongkrak ekonomi petani melalui kualitas yang dimilikinya,” terangnya.

Harapan Cimma, “Mesti ada sinergitas masyarakat petani dan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Luwu Utara di bidang pertanian khususnya jagung.”

Tentunya, kata Cimma, dalam gagasan ini harus ada pola pendampingan kepada masyarakat petani agar analisa usaha tani dapat berjalan dengan baik.

“Dan saya selaku penggagas dalam kegiatan ini siap untuk melakukan pengawalan dalam membangun analisa usaha tani,” imbuhnya.

Terhadap kegiatan ini, apresiasi dan harapan juga dilantunkan oleh pimpinan PT Agro Pro Jaya Mas.

“Saya amat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, sinergitas pemerintah dengan masyarakat petani jagung dapat lebih produktif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Dedi.

Selain itu Dedi mengatakan bahwa bukan hanya menyiapkan produk yang berkualitas kepada masyarakat tani, “namun kami juga memikirkan bagimana petani menjadi sejahtetah dengan kehadiran prodak kami.”

“Olehnya itu kami selaku produsen akan memberikan prodak berkualitas kepada masyarakat, serta melalui petugas lapangan, kami siap melakukan pendampingan kepada masyarakat petani yang ada di wilayah Luwu utara untuk lebih mendapatkan hasil maksimal dalam bidang pertanian,” tandas Dedi.

Sementara itu, apresiasi pun tidak luput dari Wakil Bupati Lutra Suaib Mansur. Dia menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah konkrit dan amat bermanfaat bagi masyarakat Lutra khususnya.

“Kita mengapresiasi dan merespon kehadiran komoditi jagung R7 sebagai langkah konkrit yang telah diperlihatkan secara fakta dan visual, yang akan ditindak lanjuti dengan langkah selanjutnya,” kata Suaib.

Tidak sampai di situ, Andi Rahim juga mengatakan bahwa, “Ini adalah momentum bagi dunia usaha mitra tani agar dapat ditindak lanjuti dalam bentuk pola sinergi oleh semua lapisan masyarakat dan pemerintah.”

“Tentunya saya sangat menghargai keberadaan komoditi Jagung R7. Semoga ke depan saya beserta masyarakat bisa membangun sinergitas ke arah pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian di wilayah Luwu Utara,” pungkasnya. (*)