Ajak Kerjasama Penanganan Sampah Plastik, BMS Kunjungi BSB

INDEKSMEDIA.ID – PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) Berkunjung di Bank Sampah Baruga (BSB) Kota Palopo di Jalan Batara Luttu No.92 Kelurahan Salobulo,kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sabtu 19 Agustus 2023.

Kehadiran perwakilan BMS tentu berkaitan dengan pengelolaan Sampah Berkelanjutan.

Enviro SPV PT BMS Tri bersama Nurmala Mujahid yang hadir mendapatkan sambutan yang positif dari Direktur yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Abdul Malik.

“Selamat datang di tempat kami kami Ucapkan Terima kasih atas kunjungannya,” sambut Abdul Malik

Mengawali sambutan, Abdul Malik memperkenalkan BSB yang dikelola YBS mulai dari tujuan hingga sasaran bahkan konsep pengelolaan sampah berkelanjutan juga dipresentasikan Abdul Malik dihadapan perwakilan BMS itu.

“BSB ini di SK-kan Oleh Dinas Lingkungan Hidup, tujuan kami juga sebagai penyelamatan ekosistem laut yang berkaitan dengan persampahan,” kata Abdul Malik.

BSB saat ini Lanjut Abdul malik, menerima atau mengakomodir Sampah plastik dari kota palopo maupun dari luar kota palopo.

“Kita sementara mencari solusi dengan mengusulkan satu alat peleleh Plastik sehingga residu plastik atau sampah plastik yang tertolak kita kelola menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual,” ujarnya.

“Dengan hal itu pastinya akan mengurangi timbunan sampah,” tutup Abdul Malik

Mendapatkan edukasi persampahan dari direktur YBS, perwakilan dari PT BMS sangat memahami kondisi BPS saat ini. Dia pun langsung memberikan pernyataan kerja sama.

“Sebelumnya kami ke TPA, tapi kita mau merubah pola itu kita ingin mencari yang bisa kemudian memiliki produktifitas dari sampah domestik sampah-sampah plastik yang ada di perusahaan kami, kami saat ini juga baru memulai manajemen sampah untuk bekerja sama dengan rekanan mengelola sampah lanjutan,”balas Enviro SPV PT BMS.

Hal itu kata Tri untuk meminimalisir Timbunan Sampah plastik yang dapat dipergunakan kembali.

“Sangat jelas apa yang disampaikan tentang tipe dan jenis sampah plastik ini, selanjutnya nanti kami yang bawa sesuai dengan yang telah dikualifikasikan tadi,” pungkasnya. (*)