SDN 9 Mattekko Palopo Tampilkan Variasi Barisan Gerak Jalan Indah yang Unik

INDEKSMEDIA.ID – SDN 9 Mattekko turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) dengan mengikuti Gerak Jalan Indah pada, Rabu (16/8/2023) lalu.

Meskipun belum meraih juara, sekolah yang beralamat di Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara, Kota Palopo ini berhasil menarik perhatian masyarakat yang hadir melihat langsung Tim Gerak Jalan Indah SDN 9 Mattekko yang berada di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah, Dra Hasnah HP ini.

Pasalnya, variasi barisan yang ditampilkan cukup menarik dan unik. Sehingga penampilannya pun mendapat sorakan dan tepuk tangan dari penonton.

“Variasi gerakan yang para siswa kami tampilkan itu sebenarnya cuman ada satu, tetapi kami tambahkan tepukan semangat serta sebuah awalan saat langkah maju. Variasi gerakannya yaitu para siswa membagi diri dalam dua deret barisan secara selang-seling, yang satu ke arah kanan dan yang satu ke arah kiri sembari mengucapkan yel-yel yang telah dibuat kemudian kembali berkumpul rapi dalam satu barisan,” jelas Pendamping Tim Gerak Jalan Indah SDN 9 Mattekko, Haswil Hattab SPd.

“Dan juga sebelum langkah tegak maju para siswa kami mengambil posisi agak menekuk kaki ke bawah secara bergantian setiap deret baris lalu mengatakan ‘satu hati, satu kata satu generasi’ kemudian secara bersama sama meneriakkan kata ‘Indonesia merdeka’. Selain itu sesekali siswa kami juga melakukan tepukan semangat dengan menyebut nama sekolah dan membuat bentuk love dengan kedua tangan di atas kepalanya,” lanjut Haswil menjelaskan variasi barisan yang ditampilkan oleh siswanya.

Selain menampilkan barisan yang rapi dan variasi gerakan yang unik, peserta dari SDN 9 Mattekko terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan mengenakan busana yang cukup unik tetapi sederhana.

“Busana yang kami pakai itu adalah pakaian sekolah merah putih lengkap dengan rompi dan topinya dengan beberapa tambahan aksesoris seperti kos tangan, pita merah putih, dan hiasan kepala berwarna kuning emas,” ungkap Haswil.

Dia pun menyebutkan peserta Gerak Jalan Indah yang ia latih tersebut merupakan siswa dari kelas 4, 5, dan 6 yang menjalani latihan selama seminggu secara rutin di sekolah, baik itu pada siang maupun sore hari.

“Harapannya selain ikut serta dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan ini, juga kami para guru berharap dengan mengikuti lomba Gerak Jalan Indah dapat melatih mental para siswa kami dan tentu menumbuhkan solidaritas kekompakan serta kerja sama yang baik di antara para siswa kami,” pungkasnya. (*)