Asal Mula Desa Tangga Emas di Sambas Kalimantan Barat

INDEKSMEDIA.ID – Kecamatan Sambas merupakan wilayah yang luas dan terkenal dengan kekayaan budaya seperti cerita rakyat.

Cerita rakyat, termasuk dongeng yang berhasil direkam dari para informan, dalam penulisannya sudah mengalami editing, baik gaya bahasanya maupun kalimatnya.

Dengan adanya cerita rakyat ini membantu pemerintah untuk melestarikan salah satu hasil kebudayaan.

Konon pada zaman dahulu, hiduplah seorang perjaga yang telah ditinggal mati oleh kedua orang tuanya.

Meskipun ia rajin bekerja tetapi ia kikir dan sombong karena kekayaannya sehingga tidak mempunyai temen dan pekerjaan sehari-hari hanya melamun.

Pada suatu malam ia bermimpi bertemu dengan seorang pertapa tua yang menyuruhnya memancing niscaya akan mendapatkan emas dan berpesan agar tidak lupa daratan.

Maka setelah dipikir maka diputuskanlah untuk ke sungai memancing, pertama hanya ikan gabus saja tetapi setalah itu kailnya tersangkut dan tidak disangka-sangka dari dalam sungai timbul sebuah tangga yang terbuat dari emas.

Tapi karena serakah maka tangga emas itu justru menyeretnya tenggelam ke dasar sungai bersama perahunya.

Peristiwa itu rupanya diketahui oleh seorang penduduk yang akan mandi dan memberitahukan kepada seluruh penduduk kampung agar dapat menyelamatkan pemuda berikut emasnya tetapi mayat pemuda dan emasnya itu tak pernah ditemukan.

Sejak saat itu maka desa di mana peristiwa tersebut terjadi dinamakan Desa Tangga Emas. (*)