Asal Mula Desa Pendawan di Sambas Kalimantan Barat

INDEKSMEDIA.ID – Kecamatan Sambas merupakan wilayah yang luas dan terkenal dengan kekayaan budaya seperti cerita rakyat.

Cerita rakyat, termasuk dongeng yang berhasil direkam dari para informan, dalam penulisannya sudah mengalami editing, baik gaya bahasanya maupun kalimatnya.

Dengan adanya cerita rakyat ini membantu pemerintah untuk melestarikan salah satu hasil kebudayaan.

Daerah Sambas terkenal dengan kekayaan alamnya yang berupa tambang emas.

Pada zaman dahulu tambang-tambang emas itu banyak diusahakan oleh orang-orang warga keturunan Cina, wajar saja apabila banyak penduduk warga keturunan Cina yang tinggal di daerah Sambas dan sekitarnya.

Bahkan dapat dikatakan karena usaha ini, warga keturunan Cina ini lebih kaya daripada penduduk setempat.

Kebiasaan warga keturunan Cina terutama bagi yang kaya adalah menyiapkan peti mati sebelum mereka meninggal, dimana peti mati tersebut dipendam dahulu atau disimpan di dalam tanah.

Lama kelamaan daerah Sambas semakin ramai, lokasi tempat tinggal orang-orang keturunan Cina banyak yang dijual atau ditinggalkan oleh yang punya tanah karena pecah perang Monterado.

Pada saat orang-orang membangun rumah inilah, waktu menggali tanah banyak ditemukan peti mati orang Cina yang masih tersimpan dalam tanah. Makanya dinamakan daerah Pendawan asal dari kata pendaman. (*)