Jelang Akhir Periode, HMS FT UNANDA Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

INDEKSMEDIA.ID — Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma (HMS FT UNANDA) Palopo gelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Batu Putih, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur.

Pengabdian masyarakat HMS FT UNANDA  2023 itu berlangsung sejak Jumat 11 Agustus hingga Minggu 13 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja HMS FT UNANDA periode 2022-2023 dibawah kepemimpinan Wirawan Agus.

Adapun Item kegiatan yang dilakukan pada program tersebut yaitu:

1. Pembuatan peta potensial desa
2. Pengabdian pendidikan
3. Penyaluran Bantuan keagamaan, dan bakti sosial.

Ketua HMS FT UNANDA mengatakan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan tersebut terlebih dahulu mereka melakukan observasi

“Kami adakan dlu observasi, kemudian eksekusi,” kata Boddi, sapaan akrabnya.

“Kami juga meminta keterangan kepada pemerintah dan masyarakat setempat terkait kondisi desa. Dalam observasi ini ditemukan keluh kesah masyarakat dalam hal Infrastruktur di bidang jalan, pendidikan, dan pariwisata,” bebernya.

Zainal S.E sekalu kepala Desa Batu Putih mengatakan bahwa dalam aspek pendidikan sampai saat ini, “ada dua sekolah dasar; yang satu sementara proses pembangunan, dan yang satunya lagi sudah dianggarkan tahun ini untuk dibangun.”

Sedangkan dari segi pariwisata kita sudah didatangi oleh banyak instansi yang ingin mengembangkan wisata alam Goa Purba Batu Putih. Instansi yang pernah datang di antaranya Dinas Kehutanan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Pariwisata,” ungkap Zainal.

“Kami menyambut baik kunjungan tersebut, akan tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan dari dinas tersebut mengenai perencanaan pengembangan objek wisata,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, akses jalan yang tidak mendukung juga menjadi salah satu faktor yang menghalangi pengunjung untuk datang ke objek wisata tersebut.

Menurutnya, hal itu berdampak pada objek pariwisata, termasuk pada perekonomian masyarakat.

“Masyarakat mengalami kesulitan dalam mendistribusikan hasil pertaniannya, mengingat sebagian besar masyarakat di
desa Batu Putih adalah petani,” tegas Zainal.

“Harapan kami semoga Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bisa lebih memperhatikan dan melakukan tindak lanjut pengembangan objek wisata Goa Batu Putih dan pembangunan akses jalan demi mendongrak perekonomian masyarakat Desa Batu Putih baik di sektor pariwisata maupun di sektor pertanian,” pungkasnya. (*)