Siswa SMPN 2 Palopo Rutin Kerja Bakti Berantas Sarang Nyamuk DBD

INDEKSMEDIA.ID – Kebersihan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi kondisi kesehatan siswa dan semangat mereka untuk belajar. Untuk itu, SMPN 2 Palopo rutin menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.

Hal itu sampaikan Kepala SMPN 2 Palopo melalui Wakil Kepala SMPN 2 Palopo Bidang Kesiswaan, Dra Hartati MM, Kamis (10/8/2023).

“Kami memang rutin melakukan kerja bakti bersama siswa untuk membentuk kebiasaan mereka untuk senantiasa menerapkan hidup bersih dan sehat. Kalau lingkungan bersih juga pasti mereka lebih semangat lagi untuk belajar,” kata Hartati.

Menurutnya langkah ini juga diambil dalam hal pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dapat membahayakan kesehatan siswa.

“Jadi memang kita fokuskan pembersihan selokan atau tempat lainnya yang bisa saja dijadikan sarang nyamuk DBD yang tentunya membahayakan kesehatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah,” ujar Hartati.

Lanjutnya, hal ini dilakukan SMPN 2 Palopo untuk memberikan rasa tanggungjawab dan peduli terhadap kebersihan lingkungannya sendiri.

“Siswa juga kita bentuk kepekaannya terhadap kebersihan lingkungan. Kalau melihat ada sampah di dekatnya kalau memang dia peka pasti dia ambil dan memasukkannya ke dalam tempat sampah,” pungkas Hartati. (*)