Pengenalan Permainan Tradisional, Siswa SDN 24 Temmalebba Palopo Diajarkan Macukke dan Engrang

INDEKSMEDIA.ID – Siswa SDN 24 Temmalebba sangat antusias saat diajarkan cara bermain Cukke (Macukke) dan Engrang yang digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Palopo, Kamis (10/8/2023).

Kegiatan ini sebagai sosialisasi atau pengenalan permainan tradisional kepada siswa sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo dalam melestarikan budaya khususnya budaya Tana Luwu.

Hal itu disampaikan Plt Disbud Kota Palopo, Andi Bachtiar SSos MSi. Dia menyebut, pengenalan budaya permainan tradisional ini akan menjangkau seluruh sekolah di Kota Palopo.

“Dari kegiatan ini kita harapkan anak-anak kita dapat mengenal budayanya sendiri dan rencananya kegiatan ini akan menjangkau seluruh sekolah yang ada di Kota Palopo,” kata Bachtiar.

Sementara itu, Kepala SDN 24 Temmalebba, Kamriah SPd MM mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Hal itu berdasarkan kekhawatirannya terhadap permainan tradisional yang akhir-akhir ini sudah mulai dilupakan dan sudah jarang dimainkan oleh anak-anak.

“Kami tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini apalagi memang sekarang ini anak-anak sudah sangat jarang kita temukan yang masih memainkan permainan tradisional karena kita juga tidak bisa pungkiri kemajuan teknologi modern seperti saat ini anak-anak lebih memilih bermain game lewat handphone,” kata Kamriah. (*)