Palopo Target Swasti Saba Wistara yang ke-7

INDEKSMEDIA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mengikuti secara virtual kegiatan verifikasi penghargaan Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional tahun 2023, di Aula Ratona Lantai II Kantor Walikota Palopo, Rabu (9/8/2023).

Pelaksanaan kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), tentang pelaksanaan verifikasi lanjutan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional tahun 2023 yang dilaksanakan secara virtual.

Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Palopo, Asmuradi Budi yang juga menjabat selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), mengatakan bahwa kegiatan yang diikutinya dipandu langsung oleh tim verifikasi virtual dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan didampingi oleh tim pembina Kabupaten/Kota Sehat se-Sulawesi Selatan.

“Inti daripada kegiatan ini, yaitu penjelasan oleh tim verifikasi pelaksanaan Kota Sehat. Kemudian Pemerintah Kota Palopo diberikan kesempatan untuk memaparkan apa saja program kerja yang telah dihasilkan dalam rangka pelaksanaan Kota Sehat yang telah dibagi kedalam 9 tatanan,” kata Asmuradi Budi, Rabu (9/8/2023).

Dalam kesempatan ini pula, lanjut Asmuradi Budi, Pemerintah Kota Palopo diberikan saran dan masukan oleh tim verifikator, baik itu dari Kemenkes RI maupun dari tim pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam rangka mendorong Pemerintah Kota Palopo untuk lebih maksimal dalam menyediakan bukti dukung atas pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat di Kota Palopo.

Asmuradi menambahkan, bahwa sejak tahun 2007 hingga 2021 lalu, Pemerintah Kota Palopo telah mengikuti kegiatan penilaian Kota Sehat dan berhasil meraih predikat Swasti Saba Wistara 6 kali berturut-turut.

“Harapannya agar Pemerintah Kota Palopo kembali meraih predikat Kota Sehat Swasti Saba untuk tahun 2023. Dan yang menjadi target Pemerintah Kota Palopo adalah kembali meraih predikat Swasti Saba Wistara untuk program kota sehat tahun 2023,” tutur Asmuradi.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pembina Kota Sehat, Ceria Amaliya mengatakan, sejauh ini pihak Dinas Kesehatan Kota Palopo telah melakukan pembuatan dokumen atau penyiapan dokumen yang akan dikirim ke pusat nantinya.

“Untuk kelengkapan dokumen ini akan dikirim paling lambat 2 × 24 jam, dan setelah dokumen itu terkirim, Pemerintah Kota Palopo akan menunggu jadwal verifikasi lapangan dari tim verifikasi Pusat. Mengenai verivikasi itu belum ada rencana kapan akan dilakukannya dari pusat untuk turun ke lapangan, mungkin saja bisa di bulan September atau di Oktober tahun 2023 ini,” mata Ceria.

Kabid Kesmas Dinkes Palopo menyebut, persiapan Kota Palopo untuk penyelenggaraan verifikasi Kota Sehat, pihaknya telah melakukan kunjungan ke Lokasi Khusus (Lokus) yang akan dikunjungi dan dilakukan penilaian oleh tim verifikasi Pusat.

Ia berharap, agar Kota Palopo dapat meraih penghargaan Swasti Saba untuk tahun 2023 ini, karena beberapa tahun sebelumnya Pemerintah Kota Palopo berhasil meraih predikat Kota Sehat sebanyak 6 kali berturut-turut. (*)