Kapolres Palopo Uji Coba Lintasan S untuk Praktik SIM C

INDEKSMEDIA.ID – Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin melakukan uji coba lintasan S untuk praktik mendapatkan SIM C, Rabu (9/8/2023).

Kapolres Palopo mengungkapkan penilaian terhadap lintasan S tersebut “Tak sulit. Insya Allah tes praktek ini mudah saja dilakukan,” kata Kapolres Palopo.

Penerapan lintasan S untuk ujian praktik mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C sudah diterapkan sejak Senin 7 Agustus 2023 lalu. Hanya saja, untuk lintasan S baru rampung kemarin sore.

Lintasan S, mulai diterapkan dalam pengambilan SIM C dihampir seluruh Polres di Indonesia. Lintasan S mengantikan lintasan angka 8 dan zig-zag yang dulu digunakan dalam ujian praktek pengambilan SIM.

Detail perubahan ujian praktek dalam pengambilan SIM C antara lain, perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test.

Lalu, uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S dan untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. (*)