30 Siswa SDN 1 Lalebbata Palopo Ikut Simulasi ANBK

INDEKSMEDIA.ID – Sebanyak 30 siswa SDN 1 Lalebbata mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), 7-10 Agustus 2023.

Simulasi dilaksanakan sebagai rangkaian pelaksanaan ANBK pada satuan pendidikan. ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa.

Kepala SDN 1 Lalebbata, Zainuddin SPd MM mengatakan, 30 siswa yang mengikuti simulasi ANBK ini dipilih langsung secara acak oleh Kemendikbudristek.

“Jadi 30 siswa ini merupakan sampel untuk mengukur mutu pendidikan SDN 1 Lalebbata,” kata Zainuddin kepada wartawan, Rabu (9/8/2023).

Diungkapkan Zainuddin, siswa yang mengikuti simulasi ANBK ini merupakan siswa kelas 5 SDN 1 Lalebbata. Pihak sekolah hanya memfasilitasi para siswa dalam mengikuti proses ANBK ini.

“Siapa saja siswa kami yang ikut sebagai peserta ANBK ini semuanya ditentukan oleh pusat. Kami hanya membimbing siswa seperti umumnya dan memfasilitasi program ini agar berjalan dengan baik. Adapun saat ini kami telah memasuki tahap simulasi,” tegas Zainuddin.

Ditambahkan Proktor ANBK SDN 1 Lalebbata, Abdul Azis SPd MPd, pelaksanaan ANBK dilaksanakan pada 23-26 Oktober 2023 mendatang.

“Saat ini hanya simulasi, nanti pelaksanaannya pada tanggal 23-26 Oktober 2023 yang sebelumnya akan lebih dulu dilaksanakan gladi bersih 9-12 Oktober 2023. Untuk pelaksanaan simulasi ini secara umum dalam pelaksanaannya tidak ada kendala, hanya masalah jaringan saja tapi itu bisa diatasi,” ungkap Azis. (*)