SDN 53 Sawerigading Palopo Manfaatkan Teknologi AI dalam Pembelajaran

INDEKSMEDIA.ID – Era Revolusi Industri 4.0 telah membawa transformasi yang mendalam di segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, seperti kecerdasan buatan/Artificial Intelegence (AI), Internet of Things (IoT), big data, dan automasi telah mengubah paradigma pembelajaran khususnya di satuan pendidikan.

Seperti yang diterapkan SDN 53 Sawerigading, di sekolah yang beralamat di Jl Batara, Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo ini telah memanfaatkan teknologi AI dalam proses pembelajaran.

Hal itu diungkap Kepala SDN 53 Sawerigading, Usman Aksan, Selasa (8/8/2023). Pihaknya secara bertahap berupaya melakukan berbagai inovasi, khususnya di bidang pengembangan sumber daya dan kompetensi guru dalam proses pembelajaran berbasis aplikasi dan teknologi AI.

“Kami bersama team work di sekolah terus berbenah ‘step by step’ baik dari segi perbaikan sarpras/tampilan sekolah, peningkatan sumber daya dan perbaikan akses layanan pembelajaran yang tentunya hal tersebut dapat dicapai dengan mengedepankan sinergi, kolaborasi, dan komunikasi yang baik dengan semua stakheholder yang ada,” kata Usman yang juga Mantan Kepala SDN 18 Maroangin dan SDN 33 Kalukulajuk.

Walau masih berumur jagung memimpin SDN 53 Sawerigading, Usman bersama tim telah berupaya melakukan berbagai langkah strategis. Salah satuanya adalah perbaikan akses layanan pembelajaran sekolah dari konvensional menuju transformasi digital.

“Untuk saat ini, SDN 53 Sawerigading telah memiliki berbagai media informasi mulai dari website, FB, IG, hingga Youtube sendiri. Sehingga seluruh kegiatan internal sekolah baik dari segi pembelajaran maupun informasi kegiatan internal lainya dapat diakses langsung oleh siswa, orang tua siswa, dan masyarakat pada umumnya,” ucap Usman. (*)