Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Jalan Tol Menuju IKN

INDEKSMEDIA.ID — Akses konektivitas sedang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa jalan dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Diketahui, sebelum konstruksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini dibangun, jarak tempuh untuk menuju KIPP mencapai 2 jam. Berkat pembangunan tersebut, diperkirakan jarak tempuh hanya mencapai 30 menit.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 2 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim) menyampaikan bahwa pembangunan Jalan Tol IKN yang kini berjalan ada pada 3 seksi.

“Saat ini untuk progres pada Segmen 3A sebesar 12,33%, Seksi 3B sebesar 30,11%, dan Seksi 5A sebesar 37,39%. Ketiga seksi ini ditargetkan rampunh pada pertengahan tahun 2024, pada sekitar bulan Juni atau Juli, ” kata Armen Adesrikti, dikutip dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (5/8/2023).

Di samping tiga ruas Tol IKN yang sedang dalam proses konstruksi, Kementerian PUPR juga mempersiapkan pembanginan ruas lainnya.

Untuk seksi 6A Simpang 3 ITCI saat ini sedang dalam proses lelang paket pekerjaan dengan target penandatanganan kontrak pada Agustus 2023.

“Sementara untuk Seksi 1 ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak apda Desember 2023 dan Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang-Simpang Rencana Bandara VVIP serta Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP–Riko akan mulai lelang pada September 2023 dengan target kontrak November 2023,” kata Armen.

Untuk seksi 2, kata Armen, adalah bagian dari Tol Balsam. Sedang seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan, dan di seksi 4 juga disediakan dua lintasan untuk satwa, jadi akan ada semacam terowongan pendek.

“Untuk immersed tunnel saat ini masih proses lelang pekerjaan desain,” ujarnya.

Saat ini pembangunan jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang di Kaltim sepanjang 514 meter juga tengah diselesaikan Kementerian PUPR.

Katanya, jembatan tersebut akan tersambung dengan jalan Tol akses IKN Segme 5A Simpang Tampadung-Jembatan Pulau Balang. Hingga kini konstruksinya ddal progres 25,3% dan akan ditargetkan rampung pada Mei 2024.

Untuk kawasan KIPP IKN sendiri, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 1,2, dan 3 dega jarak 5,7 km.

Sisanya, pada Segmen 4 sepanjang 4,4 km sedang dalam tahap konstruksi dengan progres 48,37% .

Saat ini, selain Jalan Lingkar Sepaku, tengah dibangun Jalan Sumbu Kebangsaan di sisi Barat sepanjang 2,02 km yang dalam progres 39,04%. Akan diselesaikan pada April 2024.

Di sisi Timur juga ada Jalan Sumbu Kebangsaan dengan panjang 3,27. Kini sedang dalam progres 36,52%, ditargetkan selesai pada Maret 2024. (*)