Tahukah Kamu Apa Saja Artificial Intelligence (AI) yang Ada di Sekitarmu?

INDEKSMEDIA.ID — Aplikasi kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) tanpa disadari telah hadir di sekitar kita. Misalnya, Google Assistant hingga mobil tanpa sopir.

Hingga saat ini, aplikasi yang menggunakan AI semakin melimpah, beberapa di antaranya seperti retail, Finance, manufaktur, transportasi, media, dan healtcare.

Dilansir dari Gravitime, berikut ini ragam jenis aplikasi AI yang hadir di sekitar kita:

1. Sistem Pengenalan Suara dan Perintah Suara (voice recognition and command systems)

Sistem ini mampu mengidentifikasi suara manusia yang kemudian mengeksekusi perintah yang diberikan melalui suara.

Voice recognition bekerja dengan menganalisa ciri setiap ucapan seseorang. Selain voice recognition, juga ada speech recognition.

Keduanya hampir sama, namun punya sedikit perbedaan. Voice recognition digunakan untuk mengidentifikasi “siapa yang berbicara”, sedangkan speech recognition digunakan untuk mengidentifikasi “apa yang dikatakan”.

Sistem pengenalan suara menggunakan AI ini difungsikan dalam pelbagai aplikasi, misalnya Google Assistant, Siri, Waze, Google Maps dan peralatan rumah pintar.

2. Sistem Pengenalan Wajah (Face Recognition)

Sistem ini merupakan suatu sistem yang bisa mengkonfirmasi identitas seseorang menggunakan wajah mereka.

Face Recognition adalah suatu teknologi biometrik layaknya sidik jari, wajah manusia juga mempunyai karakteristik unik yang berbeda satu sama lain.

Penerapan sistem pengenalan wajah antara lain pada sistem keamanan yang memverifikasi wajah agar bisa masuk ke area tertentu, pada fotografi yang dapat memfokuskan wajah menghasilkan foto menjadi lebih baik, sistem pembayaran yang menggunakan pengenalan wajah untuk layanan pembayaran yang lebih mudah dan aman.

3. Sistem Pengenalan Text (Text Recognition)

Suatu teknologi yang mengklasifikasi, memahami, dan memproses teks dalam aneka bentuk dan format.

Teknologi ini melibatkan penggunaan algoritma machine learning, NLP, dan teknik lainnya untuk memproses teks.

Ragam aplikasi sistem pengenalan text yaitu analisis sentimen yang menganalisis perasaan dalam teks digunakan untuk analisis ulasan produk, klasifikasi dokumen menggunakan algoritma machine learning, pencarian informasi yang membantu menemukan yang relevan dalam jumlah besar, dan lain-lain.

4. Sistem Asisten Virtual (Virtual Assistant System)

Asisten virtual merupakan perangkat lunak yang mampu membantu menjalankan tugas harian, menjawab pertanyaan dan berbagai hal lainnya dengan menggunakan teks atau suara.

Sistem ini menggunakan pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin untuk menyediakan layanan interaktif dan personalisasi.

Contoh aplikasi dengan sistem asisten virtual adalah, Google Assistant, Amazon Alexa, dan Apple Siri.

5. Sistem Pengendali self-driving car (Self Driving Car Control System)

Self driving car atau mobil tanpa sopir, merupakan kreasi yang beroperasi tanpa sopir. Artinya bergerak secara otomatis.

Menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami, sensor, dan pembelajaran mesin untuk membuat keputusan dan mengendalikan mobil.

Sistem Pengendali self driving car merupakan bagian sangat penting dari teknologi ini karena akan menjamin mobil beroperasi dengan aman dan nyaman.

Semoga bermanfaat ya gaes. (*)