Cegah Penyakit, Personil Polsek Telluwanua Polres Palopo Cek Kesehatan

INDEKSMEDIA.ID – Personil Polsek Telluwanua, Polres Palopo melakukan pemeriksaan kesehatan, Jumat (4/8/2023).

Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan Puskesmas Maroangin. Mereka melakukan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).

“Deteksi dini Penyakit Tidak Menular merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran,” kata Kasi Humas Polres Palopo, AKP Supriadi.

“Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko,” sambungnya.

Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin.

“Bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup,” jelasnya.

Usai pemeriksaan kesehatan, kegiatan dilanjutka Tes kebugaran bagi Personil Polsek Telluwanua yang merupakan elemen mendasar dalam merumuskan ketahanan dan kekuatan fisik.

Dengan kondisi yang bugar dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan otot, dan kemampuan berotot.

Kebugaran fisik dapat mencegah atau mengobati banyak bersifat kemunduran kondisi kesehatan yang dihasilkan oleh gaya hidup tidak sehat atau penuaan.

Pada kesempatan itu, oetugas dari Puskesmas Maroangin mengecek kondisi kesehatan tahanan yang berada pada Rutan Polsek Telluwanua. (*)