Cara Cuci Hidung dengan Spuit, Solusi Atasi Alergi

INDEKSMEDIA.ID – Setelah membahas cara cuci Hidung dengan neti pot, kini kami membagikan car mencuci hidung dengan menggunakan Spuit.

Spuit memiliki kegunaan yang sama dengan neti pot, yakni menyalurkan larutan saline dari satu lubang hidung untuk dikeluarkan dari lubang hidung yang lain.

Hanya saja, spuit lebih mudah dikendalikan dan dimasukkan ke dalam rongga hidung.

Berikut cara cuci hidung menggunakan alat berupa spuit:

– Tuangkan larutan saline yang sudah Anda siapkan ke dalam spuit. Kemudian, berdirilah di depan wastafel sambil memiringkan kepala ke kiri.

– Masukkan ujung spuit secara perlahan ke lubang hidung kanan. Pastikan tidak ada celah dan neti pot tidak menyentuh pembatas antara dua lubang hidung.

– Sambil bernapas lewat mulut, tekan ujung spuit hingga larutan salin masuk ke dalam lubang hidung kanan dan keluar dari lubang hidung kiri.

– Jagalah agar larutan saline tidak memasuki kerongkongan Anda. Anda mungkin perlu mengatur posisi kepala hingga menemukan posisi yang pas.

– Setelah larutan salin dalam spuit habis, keluarkan larutan saline dan lendir yang tersisa dalam hidung dengan mendenguskan hidung.

– Bersihkan hidung Anda dengan tisu atau lap bersih.

– Ulang langkah yang sama pada lubang hidung kiri Anda.

– Jangan lupa mensterilkan kembali spuit yang sudah digunakan dengan air mendidih. Keringkan dengan lap bersih, lalu simpan di tempat aman dan tertutup hingga waktunya digunakan kembali.

Cuci hidung sebaiknya dilakukan satu kali sehari saja pada malam hari.

Hal ini akan sekaligus membersihkan semua kotoran yang masuk dan menumpuk dalam hidung setelah menghirup udara luar selama seharian. (*)