Ini Penyebab Hidung Sering Tersumbat

INDEKSMEDIA.ID – Hidung kalian sering Tersumbat ? Mungkin 3 hal ini penyebabnya.

Jika kalian penasaran penyebab Hidung Tersumbat, simaklah artikel ini.

1. Rhinitis non-alergi

Rhinitis non-alergi juga dikenal dengan rhinitis vasomotor, merupakan kondisi yang menyebabkan bersin kronis maupun hidung tersumbat. Gejalanya hampir mirip dengan rhinitis alergi, tetapi tidak ada kaitannya dengan reaksi “error” sistem imun tubuh.

Kondisi ini dipicu oleh makanan atau minuman tertentu, polutan, beberapa pengobatan, perubahan cuaca, sehingga mengakibatkan rhinitis non alergi.

Rhinitis non-alergi disertai dengan gejala hidung tersumbat, hidung meler, bersin, dan lendir hidung yang jatuh ke tenggorokan (postnasal drip). Untuk mengetahui kondisi ini perlu mendapatkan diagnosis dokter.

2. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi memiliki gejala serupa dengan batuk pilek, tetapi tidak menular. Kondisi ini dipicu oleh alergen, seperti serbuk sari, debu, bulu hewan, asap, dan lainnya.

Ketika alergen masuk ke dalam tubuh melalui hidung, sistem imun bereaksi sangat aktif dan mengeluarkan senyawa histamin untuk melawan alergen yang sebenarnya tidak berbahaya. Berdasarkan laman American College of Allergy, Asthma, and Immunology, gejala rhinitis alergi meliputi hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, gatal-gatal (pada mata, mulut, kulit), dan kelelahan.

3. Sinusitis

Sinusitis biasanya ditandai dengan peradangan dan pembengkakan pada jalur hidung, sehingga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat.

Secara umum, sinusitis dipicu oleh batuk dan disertai sakit di sekitar wajah atau pusing kepala. Biasanya hal ini membaik kurang dari 10 hari. Jika gejala menetap 12 hari tanpa pertolongan medis, kondisi masuk ke tahap sinusitis kronis. (*)