Loh… Ops Patuh Berakhir, Tapi Unit Regident Polres Palopo Masih Lanjutkan Operasi, Ternyata …

INDEKSMEDIA.ID – Operasi Patuh Pallawa 2023 telah berakhir. Dalam operasi tersebut 174 pelanggar berhasil dijaring Polres Palopo. 14 ditilang, sementara 160 ditegur.

Meski Operasi Patuh Pallawa 2023 telah berakhir, rupanya Satlantas Polres Palopo khususnya unit Regident tidak berhenti lakukan Operasi. Namun operasi versi Satlantas Polres Palopo bukan melakukan pemeriksaan di Jalan raya ataupun memeriksa dan mencari pengendara yang tidak lengkap.

Akan tetapi Unit Regident terus mencari secara acak pengendara yang lengkap. Kali ini lokasi kegiatannya terlihat di ruang tunggu kantor Samsat Palopo,

Terlihat Kanit Regident, Iptu Kamal menyapa para wajib pajak yang datang untuk bayar pajak kendaraannya. Pemeriksaan dilakukan secara acak. Mereka yang surat kendaraannya lengkap, mulai dari pajak STNK berlaku, SIM masih berlaku, bakal diberikan ‘tilang’.

Namun, Tilangnya bukan kertas tilang manual seperti umumnya, tapi berupa paket sembako lengkap. Hal itu membuat salah satu wajib pajak, Mukmin kaget.

“Saya kaget kok dalam ruangan tunggu ada Polisi yang menanyakan kelengkapan surat surat, ternyata kita diberi hadiah karena sudah lengkap,” ucapnya sambil tersenyum

Iptu Kamal menjelaskan, hal itu sengaja dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga Palopo agar melengkapi surat-surat kendaraannya, serta patuh membayar pajak.

“Sebelum dan sesudah operasi kepolisian Pallawa 2023, kami tetap lakukan kegiatan seperti ini. Hal ini telah kami lakukan sejak 2022, ” ungkap Iptu Kamal yang juga pengagas Sweeping terbalik di Polres Palopo,

Kamal menambahkan pihaknya menyediakan sejumlah hadiah bagi warga yang kedapatan surat kendaraan dan pajaknya lengkap.

“Kami bukan hanya menghadiahkan berbagai macam paket kepada Pengendara dan wajib pajak, kami juga menitipkan pesan Kamtibseltibcar dan edukasi berlalu lintas, ya minimal mereka jadi contoh dan duta lalulintas,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin melalui Kasat Lantas, AKP Rusdi Yunus mengatakan pihaknya selalu berupaya agar masyarakat tertib berlalulintas, sehingga dapat meminimalisir kecalakaan.

“Langkah yang kami lakukan semua bertujuan untuk sama-sama kita semua berkeselamatan dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (*)