Gatal Setelah Tato? Mungkin Disebabkan Alergi, Ini Penjelasannya …

INDEKSMEDIA.ID – Sebagian orang, Tato mungkin memiliki arti penting sebagai nilai ekspresi dan keyakinan mereka. Namun, cara untuk mengekspresikan diri ini ternyata tidak terlepas dari efek samping dan dampaknya terhadap kesehatan, terutama kulit.

Penggunaan Tato bisa menimbulkan masalah di kulit. Kondisi Alergi dapat disebabkan berbagai hal. Salah satu penyebab Alergi pada Tato yang paling umum adalah tinta.

Selain tinta Tato, jenis Alergi yang satu ini juga dapat disebabkan oleh respon sistem kekebalan tubuh, kondisi kulit, dan zat pemicu alergi lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali kondisi tubuh sebelum melakukan pemasangan Tato.

Biasanya, Anda bisa mengalami gejala alergi kulit kapan saja. Hal ini dapat terjadi segera setelah memasang tato atau beberapa minggu hingga tahun kemudian.

Selain itu, penderita alergi ini juga bereaksi terhadap warna tinta tertentu, seperti merah. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin menjumpai satu atau beberapa gejala seperti kulit kemerahan dan bengkak, gatal, ruam, benjolan kecil seperti jerawat.

Selain itu tanda lainnya adalah kulit bersisik dan mengelupas, kulit melepuh, danadanya nanah pada benjolan di kulit.

Jika mengalami tanda-tanda yang disebutkan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Pasalnya, gejala Alergi dapat berkembang dengan cepat hingga menyebabkan kondisi yang cukup parah, seperti syok anafilaksis. (*)