Ini Tanda-tanda dan Gejala Alergi Bahan Pakaian

INDEKSMEDIA.ID – Reaksi Alergi akibat bahan dan tekstil pakaian biasanya baru akan muncul setelah beberapa jam atau hari usai penggunaan pakaian yang memicu Alergi.

Pada dasarnya, gejala alergi kulit ini tidak jauh berbeda dengan jenis alergi lainnya, yakni gatal-gatal, ruam pada kulit, kulit menjadi kering, bersisik, dan mengelupas, perubahan kulit menjadi gelap dan terasa kasar, bengkak dan tampak seperti terbakar, serta kulit terasa kaku dan kencang.

Umumnya, area tubuh yang paling sering menimbulkan reaksi alergi adalah lekukan lengan, punggung, lutut, hingga area selangkangan.

Artinya, tempat-tempat yang paling sering bersentuhan dengan pakaian berisiko mengalami tanda-tanda tersebut.

Selain itu, reaksi alergi juga dapat memburuk akibat adanya gesekan dari kain ke kulit dan ditambah oleh keringat di lingkungan yang panas dan lembap.

Gesekan dari pakaian terkadang dapat menyebabkan masalah yang disebut intertrigo. Pada beberapa kasus, ruam bisa terinfeksi oleh jamur atau bakteri.

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal ini dilakukan untuk mengendalikan gejala yang mengganggu dan mencegah terjadinya reaksi alergi yang parah, yaitu syok anafilaksis.

Tanda-tanda reaksi alergi yang sudah parah dan membutuhkan penanganan medis adalah sulit bernapas, mual, muntah, susah menelan, serta pingsan. (*)