Ajak Pemerintah, Sekolah dan OKP, KPA Reptil Sukses Hilangkan Sampah di Pasar

INDEKSMEDIA.ID — Komunitas Pecinta Alam (KPA) Remaja Pecinta Indonesia Lestari Luwu Utara (Reptil Lutra) sukses melakukan aksi bersih sampah di pasar sentral Bone-Bone, Jumat (21/7).

Kegiatan bersih sampah ini diprakarasai oleh Ryan Adam selaku ketua KPA Reptil Lutra yang sekaligus sebagai pemuda pelopor Sulawesi Selatan (Sulsel)

Aksi ini dilakukan dengan menyebar ke berbagai sudut pasar hingga ke tempat pembuangan sampah yang telah tertumpuk.

Ryan adam menyebutkan bahwa aksi ini merupakan kali kedua mereka membersihkan sampah pasar sentral Bone-Bone.

Ketua KPA Reptil itu juga berpesan bahwa kali ini aksi yang dilakukan harus ada output mengenai sampah yang ada di Kecamatan Bone-Bone.

“Ini sudah kali kedua kami membersihkan sampah di pasar sentral Bone-Bone. Dan, kali ini, InsyaAllah, bukan hanya sekadar membersihkan sampah, tapi saya dan teman-teman akan mengupayakan harus ada output dalam kegiatan kali ini. Minimal pengangkutan sampah secara rutin,” ujar Pemuda Pelopor Sulsel ini.

Ryan adam juga menambahkan bahwa pihaknya tidak bekerja sendiri, mereka melibatkan beberapa instansi terkait, sekolah dan juga OKP yang ada di dalam dan di luar Lutra.

“Alhamdulillah kami tidak sendiri. Seingat dan sepengetahuan saya kami bersama dengan Dinas terkait, sekolah dan OKP yaitu Disporapar Luwu Utara, DP2KUKM (UPTD Pasar) Luwu Utara, PUPR Luwu Utara, Dinas Lingkungan Hidup Luwu Utara, BPBD Luwu Utara, Kesatuan Satpol PP Luwu Utara, Panwaslu Kecamatan Bone, TNI dan POLRI Sektor Bone-Bone, Pemerintah Kecamatan Bone-Bone,” terang Ryan.

“Tak hanya itu, juga hadir teman-teman SMAN 4 Luwu Utara, SMPN 1 Bone-Bone (Pramuka dan Pmr), Kesatuan Pramuka Raimuna, Pramuka SMPN Sukamaju, DKC Lutra, RPS KAMMI Luwu Raya, KAHMI LUTRA, HMI Kom I La Galigo, PMII LUTRA, PPNI Luwu Utara, Riopinawa Indonesia, Bija Tolangi, Remaja Masjid Sadar, WPA, PALHI, KILAT,” sambungnya.

Ryan juga menyatakan akan mengawal menyangkut masalah sampah yang ada di Luwu Utara.

“Masalah lingkungan ini menjadi tugas kita semua sebagai masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama menjaga lingkungan pasar kita jauh dari sampah,” tutup Ryan Adam. (*)