Ini Jenis Penyakit Alergi Matahari

INDEKSMEDIA.ID – Jenis Alergi Mataharj yang berbeda akan menghasilkan reaksi gejala yang berbeda pula.

Berikut ini beberapa Jenis alergi Matahari yang perlu Anda kenali:

– Actinic prurigo

Jenis alergi ini terjadi akibat faktor keturunan. Actinic prurigo lebih sering dialami oleh penduduk asli Amerika.

Walaupun demikian, alergi matahari yang satu ini dapat memengaruhi semua kelompok ras dan gejalanya bisa dimulai sejak masa kanak-kanak dan remaja.

Photoallergic reaction

Photoallergic reaction umumnya dipicu oleh sinar matahari yang bereaksi dengan bahan kimia yang dioleskan pada kulit, seperti tabir surya atau parfum.

Obat atau salep yang diresepkan juga dapat menyebabkan kondisi ini, termasuk antibiotik (tetrasiklin dan sulfonamid). Kemunculan gejala alergi sinar matahari ini lebih lambat, yaitu satu hingga dua hari setelah terpapar panas matahari.

Polymorphic light eruption (PMLE)

Dibandingkan jenis alergi matahari lainnya, polymorphic light eruption adalah jenis yang paling umum dan dikenal dengan keracunan matahari. Kondisi ini dialami sekitar 10-15% populasi warga Amerika Serikat dan kebanyakan diantaranya adalah wanita.

Pada daerah beriklim sedang, PMLE hanya terjadi di musim semi atau panas. Gejala alergi yang satu ini biasanya akan muncul beberapa jam setelah terpapar sinar UV.

Solar urticaria

Jika keracunan matahari termasuk kondisi umum, solar urticaria adalah jenis alergi yang cukup langka. Para penderitanya akan merasakan gatal di kulit hanya beberapa menit setelah terkena sinar matahari.

Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita muda. Gejala alergi ini pun cukup bervariasi, mulai dari ringan hingga berat yang menyebabkan syok anafilaksis. (*)