Pengobatan Herbal Ala Nabi, Keutamaan Mawar dan Airnya

INDEKSMEDIA.ID – Nabi saw. bersabda, “Air mawar dapat menyegarkan raut wajah dan menghilangkan kelesuan.”

Riwayat yang lain mengatakan, “Barang siapa mengusap wajahnya dengan air mawar, maka pada hari itu dia tidak akan tertimpa kesusahan dan kelesuan. Dan barang siapa yang hendak mengusap wajah dan kedau tangannya dengan air mawar hendaknya dia membaca tahmid (memuji Tuhan dengan ucapan alhamdulillah) dan salawat pada Nabi saw. (Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ali Muhammad).

Begitu juga Firdaus meriwayatkan dari Anas bahwa Nabi saw. bersabda, “Mawar putih diciptakan dari peluhku saat malam Mi’raj, mawar merah diciptakan dari peluh Jibril dan mawar kuning diciptakan dari Buraq.”

Dalam kitab Thibbul A’immah diriwayatkan dari Hasan bin Mundhir yang berkata, “Saat Nabi saw. di-Mi’raj-kan ke langit, maka bumi gelisah karena kehilangan beliau (Nabi saw.) hingga menumbuhkan sebuah pohon yang berduri dengan bunga yang bercahaya, ketika Nabi saw. kembali maka bumi merasa senang dengan menumbuhkan bunag-bunga mawar. Oleh karena itu, barang siapa ingin mencium aroma Nabi saw., maka hendaknya ia mencium bunga mawar.”

Itulah beberapa riwayat mengenai keutamaan mawar dan airnya sebagai salah satu hal yang digunakan dalam pengobatan herbal ala Nabi.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Nantikan artikel selanjutnya. (*)