Wahhh… Menarik, Festival Permainan Tradisional Disertai Penjelasan Maknanya akan Meriahkan Kota Palopo

INDEKSMEDIA.ID — Festival Permainan Tradisional dengan tema “Bermain, Belajar, Baca, dan Bahagia” tidak lama lagi akan meramaikan kota Palopo.

Festival itu digelar tepatnya di lapangan Islamic Center Palopo oleh komunitas Kampung Kapurung bekerja sama dengan beberapa komunitas lain pada 16 Juli 2023, pukul 08:00-17:30 WITA.

Sesuai dengan temanya, Festival ini akan menyajikan permainan tradisional seperti Sunju, Garece, Cukke, dan aneka permainan lainnya.

Kata Andi Karman, festival tersebut baru kali ini digelar oleh komunitas Kampung Kapurung, yang memang aktif di bidang budaya dan sastra.

“Ini baru pertama kali dilakukan, dan ada banyak permainan tradisional yang akan ditunjukkan. InsyaAllah juga akan digelar lagi tahun depan. Apalagi dukungan dari berbagai pihak juga sudah terlihat,” ujar Andi Karman selaku inisiator kegiatan ini kepada Indeksmedia.id, Sabtu (15/7).

Sebenarnya bukan hanya itu kata Andi Karman, juga akan ada bentuk penjelasan terhadap aneka permainan tersebut.

Permainan tradisional itu, kata dia, sebenarnya memperlihatkan suatu paradigma masyarakat yang mempunyai kekuatan sosial yang tinggi.

“Di festival ini kita akan memberi dan menampilkan pelbagai makna dari tiap-tiap permainan,” jelas Andi Karman.

“Kita ingin sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa permainan tidak hanya suatu bentuk pengembangan individu dan bertujuan individu, tetapi justru membawa kita dalam suatu paradigma bahwa betapa tingginya kekuatan sosial, kerja keras dan kerja sama mereka,” terangnya. (*)