Temui Bupati Lutra, KPA Reptil Bersama Siswa Siap Aksi Bersih-bersih Pasar

INDEKSMEDIA.ID — Komunitas Pecinta Alam Remaja Pecinta Indonesia Lestari Luwu Utara (KPA Reptil Lutra) bersama dengan siswa SMAN 4 Luwu Utara dan SMPN 1 Bone-Bone menemui Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani di ruangan kantornya pada Kamis (13/7).

Pertemuan itu berawal dari aksi kolaborasi yang pernah dilakukan KPA Reptil Lutra bersama siswa, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan juga masyarakat beberapa bulan lalu di pasar sentral Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Lutra.

Ketua Umum KPA Reptil Ryan Adam menyatakan pihaknya bersama berbagai instansi terkait beberapa bulan lalu telah melakukan serangkaian aksi bersih dan edukasi sampah di pasar sentral kecamatan Bone-bone, dan menurutnya itu belum cukup.

“Kami sudah pernah lakukan aksi bersih dan edukasi sampah di pasar sentral kecamatan Bone-Bone ini. Namun kami belum puas karna sampah yang ada di pasar semakin hari semakin menumpuk, hal ini didasari karna kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga membuang sampahnya di pasar,” ujar Ryan Adam.

Ryan juga menambahkan bahwa dirinya akan melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan dan mencari solusi agar penumpukan sampah yang terjadi itu dapat dialihkan ke tempat yang seharusnya.

“Kami sementara mencari cara agar penumpukan sampah tidak terjadi lagi, namun kami perlu bantuan pemerintah dalam hal ini Dinas terkait untuk bersama-sama mencari solusi agar sampah itu bisa dialihkan ke tempat yang seharusnya,” terang Ryan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampahnya di sekitaran pasar karna ini dapat mengganggu kenyamanan transaksi jual beli pastinya,” tandasnya.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani juga mengatakan, kegiatan seperti ini mesti disupport agar terus berkelanjutan.

Dirinya juga siap turut membantu untuk mensukseskan kegiatan ini lewat SKPD terkait yang telah diutusnya.

“Tetap semangat adik-adik, insyaAllah kami akan bantu dan siap memenuhi apa yang dibutuhkan dalam mensukseskan kegiatan ini,” tegasnya