Waspada !!! Alergi Telur Ayam juga Berlaku Pada Telur Bebek dan Puyuh

INDEKSMEDIA.ID – Ketika mendengar Alergi Telur, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah reaksi terhadap Telur Ayam.

Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah apakah orang yang memiliki Alergi telur ayam sudah pasti juga Alergi terhadap jenis Telur lainnya?

Dalam banyak kasus, orang yang punya Alergi Telur umumnya juga Alergi terhadap Telur unggas lainnya.

Termasuk Telur burung puyuh, kalkun, bebek, angsa, dan bahkan burung camar.

Dr. Hermant Sharma, seorang dokter spesialis alergi sekaligus Kepala Depertemen Alergi dan Imunulogi di Children’s National Medical Center Washington D.C., menyebut kondisi ini sebagai reaktivitas silang (cross-reactivity).

Pasalnya, ada kesamaan dalam struktur protein di antara jenis telur tersebut.

Karena dari spesies unggas memiliki struktur yang sama, maka Anda harus menghindari semua jenisnya jika punya alergi ini.

Beberapa orang yang memiliki alergi telur ayam bahkan dilaporkan pernah mengalami syok anafilaksis setelah makan telur puyuh.

Syok anafilaksis merupakan reaksi alergi yang memengaruhi seluruh tubuh dan dianggap sebagai kondisi darurat medis karena mengancam nyawa.

Reaksi anafilaksis bisa terjadi beberapa detik hingga menit setelah terpapar alergen.

Beberapa orang yang alergi ini mungkin tidak mengalami reaksi alergi sama sekali ketika makan telur puyuh atau telur bebek.

Sayangnya, hal ini biasanya hanya dialami oleh segelintir orang.

Agar lebih aman, kebanyakan dokter kerap menganjurkan pasiennya yang memiliki alergi ini agar menghindari semua jenis telur unggas. (*)