Gender Camp HAM Lutim BTG Sukses Digelar, Ada Optimisme Gerakan Perempuan

INDEKSMEDIA.ID — Himpunan Mahasiswa Luwu Timur Batara Guru (HAM Lutim BTG) sukses meriahkan Gender Camp sebagai kegiatan tahunannya.

Forum pemerhati perempuan dan atau gender yang berdurasi tiga hari itu digelar di Pantai Katak, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Jumat hingga Minggu (7-9/7).

Tak hanya diskusi menyangkut gender, mahasiswa Luwu Timur juga menyediakan panggung bebas, perlombaan orasi, karya tulis ilmiah dan puisi.

“Teman-teman HAM Lutim adakan aneka perlombaan ini tentu saja untuk melihat potensi generasi Luwu Raya,” ucap ketua umum Iskandar, Minggu (9/7).

“Kegiatan ini dilakukan oleh teman-teman HAM Lutim setiap tahun, dan terbuka untuk siapa saja yang ingin berpartisipasi sebagai peserta, baik dalam mengikuti kajian, dan perlombaan,” sambungnya.

Sementara itu Kabid Keperempuanan HAM Lutim berharap agar kegiatan Gender Camp bisa melahirkan perempuan tangguh di berbagai sisi.

“Semogah dari kegiatan Gender Camp ini bisa memunculkan banyak perempuan tangguh dalam segala bidang,” ujar Besse Nhuraiyni.

“Sejatinya perempuan juga bisa melakukan berbagai hal yang selama ini sudah dianggap tabu oleh masyarakat,” tambahnya.

Perempuan, tegas Nhuraiyni, bukan hanya makhluk yang diposisikan sebagai objek oleh banyak laki-laki.

Dirinya berharap kepada para perempuan HAM Lutim Batara Guru dan peserta Gender Camp bisa memberikan contoh yang baik.

“Perempuan bukan hanya sebagai objek, tapi mereka juga harus diposisikan sebagai subjek yang bisa aktif,” tegas Nhuraiyni.

“Oleh karena itu kita mengharapkan seluruh teman-teman perempuan HAM Lutim dan peserta yang telah selesai dari kegiatan ini dapat menjadi role model bagi perempuan-perempuan yang ada di luar sana,” tutupnya.