Waspada Alergi Susu, Tak Hanya Anak, Orang Dewasa Juga Bisa Diserang, Ini Penyebabnya

INDEKSMEDIA.ID – Alergi Susu banyak diidap anak-anak.

Namun, Alergi Susu tak menutup kemungkinan bisa juga menyerang orang dewasa.

Ya, Alergi Susu bisa muncul kapan saja. Tidak hanya pada saat Anda masih kecil, tetapi juga bisa muncul saat Anda sudah dewasa.

Di usia berapa pun, kalian bisa menunjukkan reaksi alergi pertama kali, seperti diare setelah minum Susu sapi, gatal-gatal, kulit kemerahan, bengkak, dan masih banyak lagi.

Saat pertama kali mengalami gejala tersebut, mungkin Anda masih bingung karena sebelumnya Anda tidak mempunyai masalah dengan Alergi. Namun, Alergi yang baru muncul saat sudah dewasa memang bisa terjadi.

Reaksi Alergi terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda menganggap ada sesuatu yang berbahaya yang masuk ke tubuh Anda.

Sistem kekebalan tubuh kemudian akan memunculkan reaksi terhadap alergen (senyawa yang menyebabkan alergi).

Di dalam Susu, terkandung air, protein, mineral, lemak, dan karbohidrat (gula susu).

Protein dalam susu sapi inilah yang dianggap tubuh sebagai zat asing.

Sel-sel darah putih pun membentuk antibodi atau disebut dengan antihistamin untuk melawan zat asing tersebut.

Hal ini kemudian dapat memunculkan gejala alergi makanan, yang bisa ditunjukkan melalui kulit, sistem pencernaan, dan sistem pernapasan.

Dua protein utama pada susu hewani yang biasanya menimbulkan reaksi alergi adalah kasein, yang ditemukan pada dadih susu yang mengental, serta whey, yang ditemukan pada bagian cairan susu yang tersisa setelah mengental.

Reaksi tidak selalu muncul pada saat pertama kali Anda terpapar alergen.

Bisa saja reaksi baru terjadi ketika Anda sudah berkali-kali terpapar alergen, sehingga gejala alergi baru dirasakan pada saat Anda sudah dewasa.

Biasanya, alergi susu muncul pada usia 30-an atau 40-an. Faktor keturunan dan lingkungan bisa berkaitan dengan alergi yang Anda miliki. (*)