Kader HMI Perlu Baca NDP Bab 7, Kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan

Sekalipun relatif, namun kebenaran-kebenaran itu merupakan tonggak sejarah yang mesti dilalui oleh manusia dalam perjalanan menuju kebenaran mutlak.

Dan keyakinan akan adanya kebenaran mutlak itu sendiri pada suatu saat dapat dicapai oleh manusia, yaitu ketika mereka telah memahami secara benar seluruh alam dan sejarahnya sendiri.

Jadi, ilmu pengetahuan adalah persyaratan dari amal saleh.

Hanya mereka yang dibimbing oleh ilmu pengetahuan dapat berjalan di atas kebenaran-kebenaran, yang menyampaikannya kepada kepatuhan terhadap reserve kepada Tuhan YME.

Dengan iman dan ke-berluas-an ilmu pengetahuan manusia mencapai puncak kemanusiaan yang tertinggi.

Ilmu pengetahuan adalah pengertian yang dipunyai oleh manusia secara benar tentang dunia sekitarnya dan dirinya sendiri.

Hubungan yang benar antara manusia dan alam sekelilingnya ialah hubungan penguasaan dan pengarahan.

Manusia harus menguasai alam dan masyarakat, guna dapat mengarahkannya kepada yang lebih baik. Penguasaan dan kemudian pengarahan itu tidak mungkin dilaksanakan tanpa pengetahuan tentang hukum-hukumnya yang tetap (sunnatullah).

Manusia harus memahami alam dengan hukum-hukumnya yang berlaku agar dapat menguasai dan menggunakannya bagi kemanusiaan.

Sebab alam tersedia bagi umat manusia bagi kepentingan pertumbuhan kemanusiaan.

Hal itu tidak dapat dilakukan kecuali dengan mengerahkan kemampuan intelektualitas atau rasionya.

Demikian pula manusia harus memahami sejarah dengan hukum-hukum yang tetap.

Hukum sejarah yang tetap (sunnatullah untuk sejarah) yaitu garis besarnya, ialah bahwa manusia akan menemui kejayaan jika setia kepada kemanusiaan dan fitrahnya dan menemui kehancuran jika menyimpang darinya dengan menuruti hawa nafsu.

Tetapi cara-cara perbaikan hidup sehingga terus-menerus maju ke arah yang lebih baik sesuai dengan fitrah adalah masalah pengalaman.

Pengalaman ini harus ditarik dari masa lampau, untuk dapat mengerti masa sekarang dan memperhitungkan masa yang akan datang.

Menguasai dan mengarahkan masyarakat ialah mengganti kaidah-kaidah umumnya dan membimbingnya ke arah kemajuan dan kebaikan.

Demikianlah teks NDP HMI bab terakhir. Terimakasih telah mengikuti artikel ini. (*)