Kritik Sosial Tentang Kekerasan Seksual dalam Alur Cerita Film Penyalin Cahaya

INDEKSMEDIA.ID – Salah satu Film yang layak kalian tonton ialah Film Penyalin Cahaya

Dalam Film Penyalin Cahaya, pemeran utama jadi korban kekerasan seksual.

Tema kekerasan seksual inilah yang jadi daya tarik Film Penyalin Cahaya.

Apalagi, isu kekerasan seksual yang terjadi di sebuah kampus.

Isu sosial mengenai kasus kekerasan seksual yang banyak terjadi di dunia nyata ini dikemas dengan cerita yang cukup menarik dan alur cerita yang terasa rapi.

Pemilihan genre misteri dan banyak teka-teki di sepanjang film pun membuat tema ini semakin menarik.

Melalui kisah yang ditampilkan, kita pun akan ikut bersimpati pada tokoh Suryani yang menjadi korban kekerasan seksual dan memperjuangkan keadilan untuk dirinya.

Hal ini terasa begitu relate dengan banyak kasus kekerasan seksual yang terjadi di dunia nyata. Ada banyak kritik sosial mengenai isu kekerasan seksual yang diselipkan pada alur cerita Film ini.

Misalnya saja mengenai bagaimana korban seperti Suryani menjadi pihak yang rentan dan sulit mendapat keadilan bahkan justru menjadi pihak yang disalahkan.

Sementara pelaku masih bisa bebas tanpa peduli dengan perasaan korban. Begitu pula kritik yang diselipkan saat adegan dimana pihak kampus memilih untuk menutupi kasus tersebut daripada berpihak pada korban.

Selain poin-poin tadi, masih banyak pesan-pesan moral dan kritik sosial yang disampaikan dalam film ini, baik secara tersurat maupun secara tersirat melalui beberapa adegan metafora yang ditampilkan.

Semua poin-poin tersebut tersusun dalam alur cerita yang dikemas rapi dan membuatmu selalu penasaran mengenai apa yang akan terjadi di scene berikutnya. (*)