DPT Keurea Morowali Diumumkan, Masyarakat Bisa Cek di Kantor Desa

INDEKSMEDIA.ID – Panitia Pemungutan Suara Desa Keurea telah memasang Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada papan informasi PPS. Masyarakat boleh melihatnya tanpa harus merobek DPT.

Ketua PPS Desa Keurea, Kec.Bahodopi, Kab. Morowali, Sulawesi Tengah, Rahman menjelaskan pemasangan DPT ini merupakan fase akhir dari penyusunan daftar pemilih.

Penyusunan daftar pemilih dilakukan sejak penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) beberapa bulan lalu. Kemudian berlanjut ke tahapan pencocokan data pemilih (Coklit).

Setelah itu dilanjutkan Pleno DPSHP Dan DPSHP Akhir dan pada akhirnya ditetapkan menjadi DPT.

“DPT ini ditetapkan di KPU Kabupaten pada tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2023,” ujar Rahman, Senin, 26 Juli 2023.

Dia menegaskan, pihaknya telah mengikuti tahapan-tahapan yang ditentukan KPU Kabupaten dan PPK Kecamatan Bahodopi.

Setelah semuanya selesai, mereka lalu mengumumkan lampiran DPT tersebut di Kantor Desa, sebagai bentuk informasi publik agar diketahui masyarakat umum.

“Selanjutnya tahapan-tahapan lain juga telah kami lalui dimulai dari beberapa/penambahan data pemilih, tanggapan dan masukan, kemudian kami juga melakukan pengumuman-pengumuman pada titik- titik strategi di wilayah cakupan Desa Keurea baik secara pegumuman di kios- kios, Mesjid maupun melalui media massa (saluran media online), melalui akun facebook kami masing-masing anggota PPS dan sekretariat dan beberapa media sosial lainnya hingga pada konsolidasi pemerintah setempat dan tokoh masyarakat,” katanya.

Dia berharap apa yang mereka lakukan dapat memberikan informasi secara terbuka sebagai upaya memudahkan masyarakat mengetahui perkembangan tahapan pemilu 2024.

Hal senada juga di tambahkan Ety Kala’ Padang selaku divisi data PPS Desa Keurea.

Dia menyampaikan di Desa Keurea jumlah TPS ada 13. Sementara jumlah suara ada 3.610.

Pria sebanyak 2.269 Orang, kemudian untuk perempuan 1.341 orang. (*)