INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Jadikan Indonesia sebagai Tuan Rumah SOMTC, Nur Latuconsina Beri Apresiasi Besar Kepada Kapolri

Berlangsung pertemuan SOMTC di Indonesia, M. Nur Latuconsina selaku CEO Holistic Institute apresiasi Kinerja Kapolri (mahendra)

INDEKSMEDIA.ID — Pertemuan besar antar-negara sedang berlangsung di Nusantara, yakni ASEAN Senior Official Meeting On Transnational Crimes (SOMTC).

Dalam kesempatan SOMTC tersebut Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan kepolisian negara-negara se-ASEAN yang ke-23, diselenggarakan pada 19-24 Juni 2023, tepatnya di daerah Istimewa Yogyakarta.

SOMTC dibuka langsung oleh kepala Kepolisian Negara republik Indonesia (RI) jenderal Listyo Sigit Prabowo M.Si.

Kegiatan ini merupakan perjumpaan pejabat hukum senior dari berbagai negara anggota ASEAN, dalam rangka menanggulangi kejahatan yang bersifat transnasional, khususnya di kawasan ASEAN.

Adapun pertemuan SOMTC ke-23 ini dihadiri oleh 10 negara ASEAN dan tambahan satu observed dari Timor Leste.

Tidak hanya itu, juga ada perwakilan dari negara Korea Selatan, Jepang, China, Australia, Kanada, Uni Eropa, Amerika Serikat dan beberapa negara lain.

Dalam pertemuan itu membincang tiga kasus utama kejahatan transnasional di kawasan ASEAN, utamanya kasus narkotika, dan terorisme, hingga saat ini yang kian jadi sorotan adalah tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Dari hal tersebut, CEO Holistik Institute, M. Nur Latuconsina, beri apresiasi sekaligus memuji keberhasilan jenderal Listyo Sigit selama menjabat sebagai Kapolri.

CEO holistik Institute Latuconsina, yang juga adalah sosok advokad muda Indonesia amat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Latuconsina, hal itu menunjukkan bahwa Kapolri menjadi “kerang” pembuka komunikasi, sekaligus keseriusannya dalam menuntaskan kasus transnasional.

“Tindakan Kapolri sudah sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia, yaitu menghapus segala bentuk kejahatan di seluruh dunia,” ujar Latuconsina.

“Lebih jauh, hal itu membangun citra Polri di mata masyarakat, khususnya Indonesia, karena mampu membangun citra polri dengan baik di hadapan internasional,” tambahnya.

Kata dia, hal tersebut sungguh merupakan tindakan yang patut diberi dukungan penuh.

“Tindakan ini adalah hal yang patut untuk diberi dukungan penuh, sekaligus support untuk terus memberikan yang terbaik demi kemajuan kepolisian negara republik Indonesia,” tegas pria berketurunan Maluku itu. (*)