Istana Langkanae di Tengah Modernisasi Kota Idaman, Bukti Peradaban Kerajaan Luwu

Tidak hanya itu, di dalam istana Langkanae masih tersimpan senjata pusaka berupa keris dan senjata kerajaan lainya.

Tidak sampai disitu, kekayaan kerajaan Luwu juga diimplementasikan pada alat-alat atau prasarana menyajikan dan menjamu tamu kerajaan, seperti masih tersimpan dengan rapi dalam lemari kaca piring antik, guci, kramik dan bosara (wadah yang diperuntukkan menyimpan dan menyajikan makanan).

Hal itu menjadi bukti bahwa kerajaan Luwu merupakan kerajaan yang sangat terhormat.

Menilik dari berbagai sudut Langkanae yang masih tetap kokoh berdiri di tengah kemajuan kota Palopo dengan segala bentuk pertumbuhan dan perkembangan masyarakatnya, serta di zaman yang begitu modern ini, Langkanae tetap mampu mempertahankan eksistensinya sebagai situs bersejarah kebudayaan di tanah Luwu.

Tentu saja hal itu menjadi bukti kuatnya peradaban kerajaan Luwu dari zaman dahulu hingga sekarang.

Sehingga sudah sepatutnya generasi muda penerus bangsa Indonesia secara umum dan khususnya para tunas muda Tana Luwu menjaga dan melestarikan kebudayan yang ada di tanah air Indonesia, terkhusus Tana Luwu Bumi Sawerigading dengan motto Luwu “Wanua Mappatuo Naewai Alena.”

Penulis : Mila Alfiana

Tulisan ini merupakan kontribusi peserta dalam lomba menulis artikel budaya yang dilaksanakan indeksmedia.id.

Disclaimer: Indeksmedia.id tidak bertanggung jawab atas isi konten. Kami hanya menayangkan opini yang sepenuhnya jadi pemikiran narasumber