Istana Langkanae di Tengah Modernisasi Kota Idaman, Bukti Peradaban Kerajaan Luwu

INDEKSMEDIA.ID — Kota Idaman merupakan julukan kota Palopo, suatu daerah pemekaran dari kabupaten Luwu, sebelah utara kota ini berbatasan langsung dengan kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu.

Sebelah Timur kota Idaman berbatasan dengan Teluk Bone, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bua Kabupaten Luwu, dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Tondon Nanggala, Kabupaten Tana Toraja.

Secara geografis kota Idaman terletak kurang lebih 375 Km dari Makassar ke arah Utara yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Dilansir dari portalkota.go.id yang merupakan portal resmi pemerintah kota Palopo, secara administrasi Palopo memiliki luas wilayah 247,52 km persegi, memiliki 9 kecamatan dan 48 kelurahan.

Palopo merupakan kota minimalis, memiliki keberagaman cukup kompleks baik dari pendidikan, mata pencarian, keindahan alam dan kebudayaan.

Berdasarkan data sensus penduduk kota Palopo tahun 2022, jumlah penduduk yang berada di kota Idaman ini sebanyak 184.681 jiwa, di mana sebagaian besar jumlah tersebut didominasi penduduk laki-laki dengan jumlah 92.444 jiwa.Sementara jumlah penduduk perempuan sebanyak 92.237 jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang cukup besar, tidak heran kompleksitas kota Idaman bukan hanya pada komposisi secara umum kota ini sendiri, melainkan keberagaman mata pencarian penduduknya yang tentu saja berdampak pada kebudayaan masyarakat, kesejahteran bahkan pendidikan yang ada di kota Palopo.

Jumlah penduduk itu juga berdampak pada pola hidup masyarakat yang dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu masyarakat modern dan masyarakat yang dapat dikatakan masih tradisonal.

Namun, di tengah keindahan kota dengan lampu jalan yang tertata apik, dan pertumbuhan masyarakat modern serta kemegahan gedung-gedung yang menjadi pusat keramaian, bahkan ditengah carut-marut kehidpuan daerah pelosok kota, negeri Idaman ini justru mampu membius para wisatwan asing atau pun lokal.