Kemerdekaan Manusia dan Keharusan Universal, NDP HMI Bab 3 Wajib Kamu Baca

INDEKSMEDIA.ID — Nilai Dasar Perjuangan (NDP) adalah landasan perjuangan bagi kader-kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

NDP dalam teksnya yang logis memuat pelajaran sebanyak tujuh Bab.

Dalam bab ketiga NDP berisi tentang tentang Ikhtiar dan Takdir, atau Kemerdekaan Manusia dan Keharusan Universal.

Berikut ini teks NDP bab tiga yang disediakan oleh indeksmedia.id;

Keikhlasan yang insani itu tidak mungkin ada tanpa kemerdekaan. Kemerdekaan dalam arti kerja sukarela tanpa paksaan yang didorong oleh kemauan yang murni, kemerdekaan dalam pengertian kebebasan memilih sehingga pekerjaan itu benar-benar dilakukan sejalan dengan hati nurani.

Keikhlasan merupakan pernyataan kreatif kehidupan manusia yang berasal dari perkembangan tak terkekang dari kemauan baiknya. Keikhlasan adalah gambaran terpenting daripada kehidupan manusia sejati.

Kehidupan manusia mengenal dua aspek, yaitu yang tempores berupa kehidupansekarang di dunia, dan yang abadi (eternal) berupa kehidupan kelak sesudah mati di akhirat.

Dalam aspek pertama manusia melakukan amal perbuatan dengan baik dan buruk yang harus dipikul secara individual, dan komunal sekaligus.

Sedangkan dalam aspek kedua manusia tidak lagi melakukan amal perbuatan, melainkan hanya menerima akibat baik dan buruk dari amalnya dahulu did unia secara individual.