Kenali Sejarah Singkat Lahirnya Hari Lingkungan Hidup Sedunia

INDEKSMEDIA.ID — Hari lingkungan hidup sedunia merupakan momentum peringatan kepada seluruh warga dunia agar selalu menjaga alam dari kebersihan sampah dan eksploitasi alam.

Tepatnya hari ini, 5 Juni, merupakan hari lingkungan hidup sedunia atau yang disebut World Environment Day. Peringatan ini dirayakan oleh semua negara.

Perayaan hari lingkungan hidup sedunia diisi berbagai tema dan isu mengenai lingkungan hidup yang berbeda setiap tahunnya, seperti pemanasan global, polusi udara, dan eksploitasi alam yang besar-besaran.

Seperti dikutip dari laman idn.times.com, peringatan hari lingkungan hidup sedunia dicetuskan pada konferensi Stockholm pada 5-6 Juni 1972.

Konferensi ini merupakan konferensi besar pertama yang membahas mengenai isu lingkungan hidup.

Pasalnya, saat itu masalah lingkungan sedang menjadi perhatian yang serius bagi banyak negara.

Kemudian, pada konferensi tersebut Jepang dan Senegal menjadi negara pengusul pertama agar diperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Selain itu, melalui konferensi itu juga, menghasilkan kesepakatan yang berkaitan dengan lingkungan antara lain:

Deklarasi Stockholm yang isinya berkaitan dengan prinsip dalam mengelola lingkungan berdasarkan hukum lingkungan internasional.

Rencana aksi meliputi perencanaan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam, pemukiman, pendidikan, tentang lingkungan hidup, dan pengendalian pencemaran lingkungan.

Selain itu, hadirnya krlembagaan united Nations Environment Program (UNEP) serta program lingkungan. (*)