Rendang, Makanan Khas Minangkabau Sumatera Barat yang Melegenda, Dikenal Hingga ke Luar Negeri

INDEKSMEDIA.ID – Salah satu makanan khas Indonesia yang melegenda ialah Rendang dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Rendang atau rondang dalam bahasa Minangkabau adalah salah satu makanan tradisional khas dari Sumatera Barat yang sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara.

Rendang sangat dikenal, baik di dalam maupun di luar negeri sebagai masakan dari Padang sehingga seringkali penyebutan Rendang adalah rendang padang, bukan Rendang Minangkabau.

Padahal, daerah penghasil Rendang itu sendiri adalah seluruh daerah yang ada di Sumatera Barat, tidak hanya di kota Padang.

Rendang atau rondang adalah istilah yang digunakan secara umum di Minangkabau untuk menyatakan salah satu makanan atau masakan sebagai lauk ketika makan nasi.

Rendang memiliki sebutan yang berbeda-beda dalam masing-masing subsuku bangsa di Minangkabau.

Ada yang menyebutnya rondang, andang, dan ondang, tergantung dialek masing-masing daerah.

Penyebutan randang sebagai Rendang Padang dilakukan oleh orang di luar Sumatera Barat (di rantau) karena orang selain lebih mengenal orang Minangkabau sebagai orang Padang juga karena Padang adalah ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Apabila disebut rondang, secara otomatis dalam pikiran seseorang yang terbayang adalah sebuah olahan masakan berbahan dasar daging dan santan yang dipadu dengan bumbu rempah-rempah.

Rendang tersebut memiliki beberapa warna, yakni merah kecoklatan, coklat, sampai coklat kehitaman. ***