Ormas Kutai Timur Diharapkan Junjung Tinggi Toleransi Dalam Keberagaman

INDEKSMEDIA.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kutai Timur gelar sosialisasi pendidikan politik, Kamis (25/5).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024” di Kutai Timur.

Sosialisasi itu dibuka secara resmi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono.

Bertempat di ruang Meranti, kehadiran Poniso Suryo Renggono sekaligus mewakili Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman.

Dalam sambutannya, Poniso mengatakan bahwa partisipasi politik dapat dijadikan sebagai parameter dalam penilaian tingkat demokrasi di daerah.

Dikatakan bahwa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dinilai memiliki kedekatan dengan masyarakat untuk turut serta memberikan pelayanan dasar.

“Disini pentingnya peran ormas, dapat membantu pemerintah mengedukasi masyarakat,” kata Poniso Suryo Renggono.

“Termasuk membantu meluruskan berita yang tidak benar atau hoax yang banyak beredar di masyarakat,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan dimana peran Ormas sangat penting dalam hal mengembangkan pola pikir yang inklusif kepada masyarakat.

Dalam hal ini menjunjung tinggi keberagaman toleransi, tenggang rasa dan memahami bahwa tidak ada yang mayoritas dan minoritas.

“Dengan sinergitas Ormas dan pemerintah, segala masalah yang timbul dapat tertangani secepatnya,” ungkap Poniso.

Poniso juga berharap pada Pemilu 2024 akan lahir para wakil rakyat, presiden, kepala daerah yang berkualitas yang membawa Indonesia lebih sejahtera.

Ditempat yang sama, Theresia dari Badan Kesbangpol berharap dengan sosialisasi ini, para Ormas dapat turut berperan aktif menjaga kerukunan dan kesatuan bangsa.