Pemkot Palopo-BPSDM Sulsel Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan X

INDEKSMEDIA.ID – Pemerintah Kota Palopo buka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan X bekerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas tersebut digelar diruang pertemuan Ratona, Lantai II Kantor Walikota Palopo, Jl. Andi Djemma, Tompotikka, Wara, Selasa (23/5).

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas oleh Pemerintah Kota Palopo itu dalam rangka membentuk kompetensi kepemimpinan operasional para pejabat di instansi masing-masing.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPSDM Sulawesi Selatan, Nur Awwal mewakili Kepala BPSDM Sulawesi Selatan, Prof Muhammad Jufri.

Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Palopo yang memberikan kepercayaan kepada BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan untuk menggelar PKP angkatan X.

“Mudah-mudahan kedepannya kami dapat terus bersinergi dalam meningkatkan kompetensi ASN dalam rangka peningkatan sumber daya manusia,” kata Nur Awwal.

Proses Pengembangan SDM kembali mengalami perubahan, hal ini tentunya tidak terlepas dari tantangan yang muncul di abad millenial saat ini, dalam Per LAN nomor 5 Tahun 2022 tentang pelatihan struktural kepemimpinan.

“Peranan leader dalam mengubah wajah sebuah organisasi masih sangat dibutuhkan saat ini dan ASN yang menjabat jabatan pengawas bisa menjadi salah satu ujung tombak,” ucapnya.

Lebih jauh, Nur Awwal menyampaikan PKP ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial pengawas.

“Diharapkan agar peserta, pengajar, panitia penyelenggara dan seluruh pihak yang terlibat mematuhi segala Ketentuan yang telah ditetapkan dalam proses pelaksanaan pelatihan ini,” pungkas Nur Awwal.

Sementara itu, Walikota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya diwakili Asisten I Bagian Pemerintah, Muh. Ihsan Asharuddin mengatakan bahwa PKP adalah rangkaian dari upaya dalam meningkatkan kualitas SDM.

“Diharapkan kegiatan ini dapat diklat meningkatkan kompetensi ASN sehingga mencapai tingkatan minimal sesuai standar tugas dan jabatan,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan Kasdim 1403/Palopo, Mayor Kav. Suparman, Wakapolres Palopo, Kompol Ridwan, para pimpinan OPD dan Camat se Kota Palopo.