Diskusi Filsafat Ekonomi, Counter Asumsi!! Warga EKIS Bukan Mahasiswa Hedonis

INDEKSMEDIA.ID – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi EKIS) menggelar diskusi ekonomi di kampus IAIN Palopo, Selasa (23/5).

Diskusi tersebut mengambil tema “Filsafat Ekonomi Islam”  dengan berbagai sub pembahasan.

Kata pemantik, selaku mahasiswa Ekonomi, diskusi tersebut merupakan tradisi yang sejak lama dibentuk oleh para pendahulu kampus IAIN Palopo.

“ini adalah upaya yang dilakukan HMPS untuk meningkatkan dan menjaga tradisi intelektual para senior. Kebetulan saya diminta untuk memantik teman-teman yang ada di Prodi EKIS,” kata Candra.

“Alhamdulillah masih ada kesadaran pengurus untuk meningkatkan literasi dan membangun peradaban di kampus yang bisa dikata hampir tertidur ini,” bebernya.

Upaya ini, kata dia, dilakukan untuk membantah stigma mahasiswa lain yang mengatakan bahwa mahasiswa EKIS itu cenderung pada aspek hedonistik.

“tentu saja stigma hedonis itu terbantahkan dengan adanya kajian di dalam kampus. Artinya teman-teman EKIS masih sadar akan literasi, dan masih sangat membutuhkannya,” tandasnya.

Diskusi di halaman kampus FEBI IAIN Palopo (EKIS)

“Walaupun tidak semua, tapi paling tidak masih ada yang sadar akan hal itu,” tambahnya.

Sikap antusias inilah, kata Candra, yang mendorong dirinya untuk meningkatkan literasi di kampus, khususnya di Fakultas Ekonomi Syariah.

“Ternyata masih ada yang peduli soal ini. Mereka justru mengatakan, enak kalau kajian seperti ini, dan meminta untuk dilanjutkan lagi,” ujarnya.

“Walaupun, menurut saya, dari segi pemahaman masih ada banyak kekurangan. Harapan kita tentunya, sering-seringlah menggelar ruang-ruang seperti ini agar ke depan menjadi tradisi bagi mereka yang datang untuk belajar,” tutupnya.