Program Jangka Panjang, Pusat Pemerintahan Kecamatan Kongbeng, Kutai Timur Bakal Dipindah ke Marga Mulia

INDEKSMEDIA.ID – Camat Kongbeng, Kutai Timur, Jumran memiliki program yang sifatnya jangka panjang yang diperkirakan sampai 25 tahun kedepan.

Program itu adalah pemindahan pusat pemerintahan kecamatan. Hal itu disampaikan orang nomor satu di Kecamatan Kongbeng itu saat diwawancarai, Senin (22/5/2023).

“Insya Allah, rencana lahan tersedia di Desa Marga Mulia kurang lebih 15 hektare. Untuk saat ini masih di Desa Miau Baru,” kata mantan Sekcam Sangatta Selatan tersebut.

Jumran mengatakan agar dapat berjalan, program tersebut harus diadakan musyawarah mufakat dengan seluruh masyarakat yang ada.

Dia juga meyakini persoalan tak jadi kendala. Jadi setelah dipindahkan pusat pemerintahan bisa berdampingan dengan Polsek dan Koramil. Kawasan itu tergabung dengan forkompimcam.

“Kami mengusulkan kantor camat minimal berlantai tiga. Di sampingnya rumah jabatan. Juga ada lahan yang dapat digunakan sebagai sarana olahraga, upacara dan MTQ,” ungkapnya.

Setelah dipindah ke lokasi baru pusat pemerintahan yang lama bakal digunakan sebagai pusat seni, budaya dan keagamaan.

Tentunya dibangun ulang dengan bangunan dua lantai. Di lantai dua rencananya digunakan sebagai sekretariat forum pembaharuan kebangsaan, karang taruna, FKUB, forum anak dan lain sebagainya. Kemudian dikelilingi bangunan adapula kios kerajinan dan kuliner.

“Jadi, dengan adanya lokasi itu anak-anak kita bisa mendapat edukasi dan menjadi penerus melestarikan adat dan budaya yang ada,” pungkasnya. (***)